Rangkaian Amplifier Audio Mobil 500 Watt

Berbeda dari rangkaian amplifier audio mobil sebelumnya, rangkaian yang dibahas disini adalah jenis amplifier yang memiliki daya tinggi, sehingga skema rangkaiannya akan sedikit terlihat kompleks. Amplifier audio mobil memiliki daya output 500 Watt RMS pada beban loudspeaker 8 ohm.

Meskipun ini bisa diperuntukan pada kendaraan, namun tegangan kerja yang dibutuhkan pada rangkaian amplifier disini adalah tegangan simetris ±30 Volt. Sedangkan pada kendaraan mobil pada umumnya hanya tersedia tegangan dari aki 12VDC. Untuk mengakalinya bisa menggunakan rangkaian inverter dari 12 VDC menjadi tegangan simetris ±30 Volt. Arus catu daya yang direkomendasikan untuk rangkaian amplifier audio mobil ini setidaknya minimal 5 Ampere.

Kegunaan dari amplifier ini sebenarnya bisa multipurpose, apakah untuk penggunakan power amplifier biasa, atau sebagai subwoofer. Khusus jika akan dipergunakan sebagai subwoofer, maka diperlukan rangkaian tambahan filter subwoofer yang dipasangkan antara input sinyal dengan power amplifier itu sendiri.

Rangkaian Amplifier Audio Mobil 500 Watt

rangkaian-amplifier-audio-mobil-500-wattPada penguat akhir dari amplifier ini seperti yang ditunjukan gambar diatas adalah menggunaakan tipe TIP3055 dan TIP2955. kedua tipe transistor ini bisa diganti dengan tipe 2N3055 dan MJE2955. Rangkaian amplifier audio mobil 500 Watt bekerja pada kelas AB. Sebagai penguat drivernya digunakan transistor TIP31 dan TIP32 dengan kategori penguat menengah.

Pada rangkaian ini terapat bagian Pre-Amp tambahan yang tidak biasa ada pada rangkaian power amplifier OCL pada umumnya. Pre Amp ini menggunakan IC TL072 yang sudah dilengkapi dengan pengaturan master volume oleh VR101 dan VR201. Pada rangkaian tersebut juga terdapat saklar selektor yang berfungsi untuk pengaturan mode stereo atau mono. Gunakan mode stereo jika amplifier difungsikan sebagai amplifier biasa, dan gunakan mode mono jika akan difungsikan sebagai penguat subwoofer.

One Response

  1. Dwi Dalena 14 September, 2016

Berikan Komentar Anda...