Perhitungan dan Definisi Dari Rangkaian Seri dan Paralel

Dalam sebuah rangkaian listrik terdapat dua jenis rangkaian, yaitu rangkaian seri dan ada juga rangkaian paralel. Dimana masing-masing dari rangkaian tersebut memiliki ciri-ciri, karakteristik dan kelebihan masing-masing. Namun dari kedua rangkaian tersebut terdapat sebuah rangkaian gabungan yang terdiri dari rangkaian seri dan paralel yang sering juga disebut dengan nama rangkaian campuran.

Rangkaian campuran tersebut merupakan sebuah rangkaian listrik yang memiliki fungsi untuk menghindari terjadinya rangkaian listrik yang kompleks. Yang mungkin bisa saja terjadi di segi perhitungan distribusi arus, tegangan dan juga hambatannya.

Definisi Dari Rangkaian Seri Dan Paralel

rangkaian seri dan paralelRangkaian seri dan paralel ini merupakan sebuah rangkaian listrik yang disusun dengan sejajar dan tidak terdapat percabangan. Dan jenis rangkaian listrik campuran ini merupakan jenis rangkaian yang akan sangat memudahkan anda dalam menganalisa apabila terjadi suatu kesalahan pada rangkaian listrik. Dan dalam prinsip kerja dari rangkaian seri dan paralel ini terdapat sebuah perhitungan yang akan memudahkan anda. Jadi dalam perhitungan ini nantinya menggunakan komponen-komponen pada konsep dasar elektronika, seperti misalnya resistor. Yang mana resistor ini memiliki sifat yang mampu menghambat arus listrik pada rangkaian seri dan paralel ini.

Jadi sebelum anda menyusun suatu rancangan yang menggunakan prinsip dasar Rangkaian seri dan paralel ini terlebih dulu anda harus menggunakan perhitungan-perhitungan yang matang supaya anda bisa menghindari suatu kesalahan yang tentunya tidak diinginkan. Jadi pada dasarnya jika anda bisa menggunakan resistor untuk mengaplikasikan rangkaian listrik yang satu ini maka anda hanya perlu untuk menjumlahkan seluruh resistor untuk mendapatkan nilai tahanan keseluruhannya. Walaupun pada kenyataannya rangkaian seri lebih memiliki banyak kekurangan namun rangkaian seri ini juga memiliki kelebihan yang akan bisa lebih stabil jika dikombinasikan dengan rangkaian paralel.

Pada rangkaian elektronika campuran ini saling berkombinasi antara kelebihan dari rangkaian seri dan dari rangkaian paralel. Dan juga saling melengkapi antara kekurangan dari rangkaian seri dan juga rangkaian paralel. Kekurangan dari rangkaian seri adalah bahwa tegangannya akan terbagi menjadi beberapa bagian yang bisa mengakibatkan seringnya terjadi voltage drop. Namun kelebihan dari rangkaian seri ini adalah bahwa arusnya lebih stabil sehingga kelebihan dan kekurangan ini akan terpadu dengan sempurna saat disatukan menjadi rangkaian listrik seri paralel.

Sementara untuk rangkaian listrik paralel sendiri merupakan sebuah rangkaian listrik yang pada setiap komponennya telah disuplai oleh satu sumber yang sama. Dan sumber tersebut tersusun secara bercabang atau paralel. Dan untuk perhitungan yang anda gunakan dalam menggunakan rangkaian paralel pada sebuah rangkaian elektronika ini adalah dengan memberi nilai koefisien 1 yang anda jadikan sebagai pembilang yang nantinya akan anda bagi dengan besar nilai resistor pada setiap hambatannya. Kemudian selanjutnya saat anda akan mencari nilai total dari hambatan yang berasal dari rangkaian paralel ini anda hanya perlu untuk menjumlahkan saja semua total hambatan yang terdapat pada rangkaian listrik tersebut.

Hampir sama dengan rangkaian seri, rangkaian paralel ini juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan dari rangkaian paralel ini adalah bahwa jika anda kerusakan maka tidak mempengaruhi komponen yang lain sementara untuk kekurangannya yaitu dalam rangkaian paralel ini arusnya kurang fokus karena terbagi dan bercabang. Dan salah satu cara yang terbaik untuk mengatasi kekurangan yang satu ini adalah dengan menggabungkannya dengan rangkaian seri. Dengan mengkombinasikan antara Rangkaian seri dan paralel maka jenis rangkaian listrik akan menjadi lebih kuat dan juga stabil.