Perbedaan Rangkaian Seri Dan Paralel: Keunggulan dan Kelemahannya

Rangkaian elektronika baik yang menggunakan arus dc maupun ac biasanya terdiri dari beberapa jenis susunan yang biasa dikenal dengan susunan paralel, susunan seri dan susunan campuran. Dari ketiga macam jenis rangkaian tersebut tentu saja mempunyai beberapa keunggulan dan juga kelemahan masing-masing.

Dalam tulisan ini akan dibahas secara singkat mengenai perbedaan, keunggulan dan juga kelemahan dari rangkaian seri dan juga paralel. Bagi anda yang ingin tahu lebih jauh mengenai jenis-jenis sambungan ini simak ulasan singkat berikut ini.

Perbedaan rangkaian seri dan paralel: Keunggulan dan Kelemahannya

Keunggulan yang dimiliki oleh rangkaian elektronika secara seri antara lain adalah dengan rangkaian tersebut maka bisa dilakukan penghematan kabel serta saklar, dengan begitu rangkaian secara seri ini bisa dikatakan akan sangat menghemat biaya. Namun rangkaian secara seri ini juga mempunyai beberapa kekurangan atau kelemahan, diantaranya adalah misalnya saja ada salah satu lampu yang putus atau dilepas maka lampu lain dalam rangkaian seri ini juga akan ikut mati atau padam. Selain itu, rangkaian secara seri ini juga memiliki kelemahan lainnya diantaranya adalah nyala lampu dalam rangkaian seri tersebut akan memiliki nyala yang tak sama terangnya.

rangkaian seri dan paralelSelain itu rangkaian seri juga memiliki kelemahan di mana nyala lampu yang letaknya semakin jauh akan semakin redup. Dan kiranya keunggulan dan kelemahan dari rangkaian seri dengan rangkaian paralel juga akan menjadi salah satu perbedaan rangkaian seri dan paralel, karena pada rangkaian secara paralel mempunyai kelebihan di mana nyala lampu akan sama terangnya, namun sambungan secara paralel ini mempunyai kelemahan di mana sambungan atau rangkaian secara paralel ini akan jauh lebih boros kabel dan juga saklar. Sehingga rangkaian ini bisa dikatakan merupakan rangkaian yang memerlukan biaya tinggi.

Secara mendasar perbedaan rangkaian seri dan paralel dapat dilihat pada bentuk sambungan pada rangkaian tersebut. Di mana rangkaian paralel adalah sambungan atau suatu rangkaian listrik yang tersusun dengan berurutan atau berderet. Rangkaian ini lebih sering di temukan di rumah-rumah penduduk. Sambungan secara paralel ini merupakan sambungan atau rangkaian di mana input dari komponen tersebut berasal dari suatu sumber yang sama. Dan sambungan secara paralel ini terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan rangkaian secara seri.

Sedangkan rangkaian seri merupakan suatu rangkaian listrik di mana susunan rangkaiannya dilakukan dengan cara seri atau sejajar. Contoh mudah dari rangkaian seri ini dapat dilihat pada senter, remote tv dan yang lainnya. Rangkaian seri ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah lebih hemat. Pasalnya untuk membuat rangkaian seri ini tak memerlukan banyak kabel dan saklar, sehingga sambungan seri ini bisa dikatakan sambungan atau rangkaian listrik yang efisien. Selain perbedaan rangkaian seri dan paralel tersebut, tentu saja ada beberapa hal lain yang menjadi pertimbangan dalam menggunakan jenis rangkaian listrik tersebut.

Dan bagi anda yang bingung ingin menerapkan rangkaian elektronika yang mana, akan menggunakan rangkaian seri atau menggunakan rangkaian paralel maka sebaiknya anda pertimbangkan hal tersebut sesuai dengan kebutuhan. Selain kedua sambungan tersebut, antara rangkaian seri dan juga rangkaian paralel dapat disatukan atau dipadukan, dan rangkaian tersebut bernama rangkaian campuran. Rangkaian campuran merupakan perpaduan antara rangkaian seri dan juga rangkaian paralel. Mungkin rangkaian campuran ini bisa menjadi solusi bagi anda yang bingung memilih rangkaian yang mana antara rangkaian seri dan juga rangkaian paralel.