Pengertian Ups, Fungsi Ups Serta Jenis-Jenis UPS

Anda mungkin pernah mendengar istilah UPS dan bahkan sudah tak asing lagi bagi anda karena anda menggunakannya tiap hari, namun tahukah anda apa itu sebenarnya pengertian ups? UPS adalah sebuah singkatan dari Uninteruptible Power Supply, dan untuk sebagian orang pasti istilah UPS sudah terdengar sangat akrab.

Pasalnya orang-orang hanya mengenal beberapa jenis UPS saja. Akan tetapi pada kenyataan yang sebenarnya UPS mempunyai banyak sekali jenis. Untuk mengerti lebih lanjut mengenai Pengertian serta Fungsi UPS, anda bisa menyimaknya dalam penjelasan singkat di bawah ini.

Pengertian ups (Uninteruptible Power Supply) dan fungsinya

upsUPS adalah singkatan dari Uninteruptible Power Supply, UPS memiliki pengertian sebuah perangkat elektronika yang berfungsi untuk menyediakan listrik cadangan ketika listrik utama mati. Dan maksud dari kata interupsi ini sendiri merupakan kelebihan atau kekurangan, serta matinya arus listrik yang dipakai untuk mengoperasikan UPS ini. Dengan arti kata lain, Uninteruptible Power Supply atau UPS ini bekerja dengan sedemikian rupa tanpa adanya pengaruh akan adanya interupsi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Fungsi dari UPS ini sendiri adalah untuk menstabilkan listrik serta untuk memback up kebutuhan listrik.

Hal tersebut tentu akan memungkinkan perangkat komputer yang anda gunakan terlindungi oleh adanya perangkat UPS. Dan itu artinya semua data di dalam komputer anda akan disimpan dengan baik di dalam memori perangkat Uninteruptible Power Supply, proses tersebut dinamakan dengan Back Up. Pengertian ups singkatnya apabila komputer anda tengah mengalami kendala misalnya seperti kelebihan daya listrik maupun kekurangan daya listrik, atau bahkan matinya daya listrik, secara otomatis perangkat UPS akan langsung menyimpan data di dalam komputer anda dengan cara memback up file.

Selain mengenal pengertian ups, sepatutnya anda juga mengetahui jenis-jenis UPS, salah satunya UPS jenis Standby. UPS jenis ini merupakan tipe UPS yang sering digunakan para pengguna komputer rumahan yang disandingkan dengan perangkat komputer mereka. Transfer Switch sudah diatur agar mengambil input AC atau arus searah sebagai sumber daya utamanya, dan untuk sumber daya cadangannya diambil dari inverter atau baterai di saat sumber daya utama mati. UPS dengan jenis seperti ini bisa melakukan filtrasi akan adanya gangguan daya serta pengelolaan arus.

Selain itu ukuran UPS jenis standby yang kecil dan juga biaya yang dikeluarkan terbilang cukup murah tentu juga menjadi nilai lebih dari UPS jenis ini, selain itu UPS jenis standby ini juga mempunyai keunggulan lainnya, antara lain Biaya rendah, desain kompak, efisiensi tinggi. Namun UPS jenis ini juga mempunyai kekurangan, yaitu Baterai akan tetap terpakai pada saat listrik padam, serta tidak cocok pada pemakaian di atas 2 kva, Paling cocok bagi pengguna personal. Mempelajari pengertian ups tak lengkap jika tak mengenal jenis UPS yang lainnya, yaitu UPS jenis Line Interactive.

UPS tipe Line Interactive ini adalah UPS yang sering digunakan untuk unit small business, serta sejumlah server yang ada di departemen pemerintahan. Tentu saja selain mempunyai tingkat reliabilitas tinggi, tipe ini juga mempunyai kemampuan menyesuaikan voltase yang baik yang menjadi salah satu keunggulan UPS jenis ini. Selain itu masih ada jenis UPS lainnya, antara lain Double Conversion Online dan Delta Conversion Online. Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian ups, fungsi serta jenisnya. Semoga bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh kontributor eksternal skemaku.com. Skemaku.com tidak bertanggung jawab atas kebenaran isi artikel ini secara teknis, namun untuk menambah pengetahuan dan referensi saja.