Pengertian Transistor

Pengertian Transistor adalah salah satu komponen elektronika yang secara teknis pada dasarnya bertindak mirip dengan saklar mekanik sederhana. Kenyataannya, transistor benar-benar  bisa  digunakan sebagai saklar pada perangkat elektronik modern, transistor bisa dibuat atau di rangkaian sebagai komponen yang bisa mengalirkan arus atau menghambat atau memutuskan arus pada rangakaian elektronika dan bisa juga sebagai amplifier.

Transistor, tidak diragukan lagi adalah komponen yang paling penting dalam rangkaian elektronika modern karena telah memungkinkan perubahan besar dan mendalam dalam dunia elektronika dan di kehidupan kita sehari-hari sejak penemuannya pada tahun 1948. Karena fungsi yang penting ini transistor hampir di temukan dalam setiap rangkaian elektronika saat ini, sebuah transistor biasanya mempunyai 3 kaki elektroda atau lebih.

pengertian transistorBahan dasar atau utama untuk pembuatan transistor adalah biasanya bahan germanium dan silikon dan jenis transistor terbagi dalam beberapa jenis umum yang sering di kenal di masyarakat seperti  transistor digunakan dalam rangkaian elektronika adalah jenis  transistor bipolar junction (BJT), sering disebut sebagai transistor bipolar, Junction Field Transistor (JFET), atau Metal Oxide Silicon Feld Effect Transistors (MOSFET).

Pengertian Transistor secara umum di masyarakat biasanya di gunakan dalam amplifier (penguat sinyal) dan saklar, bisa dirasakan manfaatnya pada perangkat disekitar kita seperti  pada smartphone, televisi, radio, pemancar, mainan elektronik  untuk anak-anak, komputer atau Central Processing Unit (CPU), bahkan pada peralatan yang bisa menunjang keselamatan manusia, seperti pemadam kebakaran otomatis (yang menyiramkan air di ruangan yang di pasang alat tersebut kalau terjadi atau terdeteksi ada api atau asap) serta pada peralatan seperti lift, palang pintu otomatis, alarm serta pada beberapa alat penunjang kesehatan di rumah sakit.

Manfaat transistor tidak lepas dari berbagai hasil penelitian dan pengembangan semenjak tahun  1947 yang dilakukan oleh berbagai pihak seperti oleh John Bardeen and Walter Brattain di laboratorium AT&T’s Bell lalu oleh John R. Pierce.

Sedangkan dalam industri atau produksi pengembangan transistor untuk tujuan komersil, perkembangan transistor juga dilakukan  oleh fisikawan Jerman Herbert Matare dan Heinrich Welker saat bekerja di Compagnie des Freins et SIGNAUX, anak perusahaan Westinghouse yang terletak di Paris.

transistor-3dKegunaan penting dari transistor adalah karena kemampuan komponen ini untuk menggunakan sinyal kecil yang di pasang antara sepasang terminal  untuk mengendalikan sinyal yang jauh lebih besar di sepasang terminal tersebut, hal tersebut disebut gain, hal tersebut menghasilkan sinyal output yang lebih besar, tegangan atau bahkan arus. Oleh karena itu biasanya transistor terpasang atau pasti terpasang pada perangkat listrik termasuk perangkat listrik di rumah yang berasal dari PLN, karena bisa menjadi saklar pengaman jika terjadi hubungan arus pendek atau korsleting pada perangkat tersebut sehingga bisa menyelamatkan komponen yang lain atau bahkan tempat perangkat listrik tersebut di pasang sehingga tidak terjadi kebakaran.

Fungsi transistor saat ini bisa di temui sebagai osilator, penahan arus sebagian pada komponen elektronika, saklar.

Karena bentuk transistor biasanya mempunyai beberapa kaki, kaki atau terminal transistor ini biasanya di sebut emitor, basis dan collector, dimana kaki-kaki ini nantinya di aliri tegangan atau arus listrik, berdasarkan polaritasnya transistor terbagi menjadi transistor NPN dan PNP, transistor NPN adalah transistor yang dapat bekerja mengalirkan arus listrik apabila kaki basis di aliri tegangan arus positif, sedangkan transistor PNP adalah transistor yang dapat bekerja mengalirkan arus listrik apabila kaki basisnya di aliri arus negative.

Perkembangan transistor dalam sejarah tidak terlepas juga digunakan pada saat perang dunia ke dua (II), dimana beberapa ilmuwan meneliti cara mengembangkan prangkat yang bisa membantu komunikasi tanpa kabel dan radar seperti Herbert Matare, Matare memiliki pengalaman sebelumnya dalam mengembangkan rectifier kristal dari silikon dan germanium dalam upaya radar Jerman selama Perang Dunia II dimana tentu saja pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut transistor dilakukan selama periode tersebut. Demikian sekilas tentang pengertian transistor.