Pengertian Televisi Yang Perlu Anda Ketahui

Siapa yang tidak tahu televisi? Benda berbentuk kotak ini saat ini sudah menjadi barang yang ada hampir di seluruh rumah. Televisi menjadi merupakan salah satu media informasi dan hiburan yang dikenal oleh masyarakat seluruh kalangan. Banyak sekali informasi yang disampaikan melalui televisi dan menjadi konsumsi masyarakat.

Meski menjadi barang yang sangat familiar bagi manusia, namun tidak banyak orang yang mengetahui apa pengertian televisi yang sebenarnya. Untuk itu pada postingan kali ini akan terdapat informasi penting mengenai pengertian televisi ini baik dari segi bahasa maupun dari segi istilah.

Pengertian televisi dari segi bahasa

Secara bahasa, televisi berasal dari kombinasi bahasa yunani dan latin. Kata tele (bahasa yunani) yang berarti jauh dan visio (bahasa Latin) yang berarti penglihatan. Sementara berdasarkan sumber lain dikatakan bahwa kata tele dan vision hanya berasal dari bahasa Latin saja yang artinya pun sebenarnya tidak berbeda dari arti di atas. Dari kedua frasa kata tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian televisi menurut bahasa, televisi dapat diartikan sebagai penglihatan jauh, atau melihat jauh.

Pengertian televisi menurut istilah

pengertian televisiSetelah mengetahui pengertian televisi secara bahasa, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas pengertian televisi menurut istilah. Pengertian televisi menurut istilah ini tidak bisa dilepaskan dari beberapa pendapat para ahli yang memang berkecimpung di bidang yang tidak jauh-jauh dari pertelevisian. Salah satu pengertian televisi yang lazim didengar adalah suatu media informasi audio-visual (tidak hanya dapat dilihat tetapi juga dapat didengar suaranya). Ada juga yang berpendapat bahwa televisi merupakan media informasi berbentuk elektronik yang menampilkan informasi secara audio-visual dengan pengoperasian rangkaian elektronika yang rumit di dalamnya. Televisi akan menampilkan gambar yang mampu bergerak sehingga terlihat lebih hidup.

Berdasarkan penjelasan tentang pengertian televisi di atas, televisi memang menjadi media informasi dan hiburan yang sangat menarik. Banyak sekali program televisi yang dapat menjadi media informasi dan hiburan, misalnya saja program berita actual, berita atau informasi ringan, music, infotaiment dan masih banyak lagi. Dari berbagai macam program televisi yang ditampilkan ini biasanya masih dibagi lagi peruntukkannya. Ada program televisi yang dikhususkan untuk orang dewasa, anak-anak dengan bimbingan orang tua, dan ada juga yang dapat dinikmati oleh semua kalangan usia.

Meski dalam pengertian televisi disebutkan bahwa televisi berfungsi sebagai media informasi, namun bukan berarti semua informasi dari televisi dapat diserap. Sebagai penikmat televisi, anda dituntut untuk cerdas memilih informasi mana yang dapat diambil dan informasi mana yang tidak boleh diambil. Hal ini dikarenakan banyak sekali informasi terutama yang dalam bentuk budaya negative yang disebarkan melalui media televisi. Apalagi anda yang mempunyai anak perlu sangat berhati-hati dan mengontrol apa saja tontonan anak-anaknya.

Jangan sampai tujuan positif pembuatan televisi justru berakibat buruk bagi pertumbuhan anak anda. Meski tujuan utama televisi adalah menyampaikan informasi, namun tak jarang di era modern ini banyak sekali stasiun televisi yang menyajikan program-program televisi hanya berdasarkan rating atau mencari keuntungan saja. Hal ini mengakibatkan mereka tidak terlalu ambil pusing dengan manfaat dari acara yang ditampilkan dan lebih mengejar rating tinggi.

Demikian tadi pembahasan lengkap mengenai pengertian televisi dilihat dari bahasa dan juga istilah. Sebenarnya masih banyak pengertian televisi yang ada, bahkan anda sendiri diberikan kebebasan untuk mengartikan televisi sesuai pemahaman dan apa yang anda dapat dari berbagai media.