Pengertian Ram, Fungsi dan Jenis Ram

Ram merupakan sebuah singkatan dari random access memory merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan sementara pada komputer yang dipakai hanya pada saat komputer sedang ON atau menyala, secara mudah ram dapat diartikan sebuah memori dengan akses yang acak.

Bentuk ram secara fisik terlihat seperti suatu rangkaian elektronika yang jika dilihat sepintas bentuknya seperti sebuah chip. Sebuah lempengan yang mana pada lempengan elektronik tersebut terdapat suatu rangkaian yang sangat rumit. Untuk lebih jelasnya simak ulasan tentang apa itu ram, jenis dan fungsinya berikut ini.

Pengertian ram, fungsi ram dan jenis ram

Pengertian ram sendiri yaitu suatu perangkat keras dalam komputer yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data serta instruksi program, dan isi dari ram ini bisa diakses secara acak atau random serta tak mengacu terhadap pengaturan letak dari data. Data yang ada di dalam ram tersebut bersifat temporer atau sementara yang mana data yang ada di dalam ram tersebut akan hilang jika komputer di matikan. Ram ini juga sering disebut sebagai main memori atau memori utama, primary memory atau memori primer, internal memory atau memori internal, primary storage atau penyimpanan utama, memory stick dan juga ram stick.pengertian ram

Pengertian ram sendiri juga dapat diartikan sebagai salah satu jenis memori yang mendukung kecepatan dari prosesor dalam proses pengolahan data serta instruksi. Dengan menggunakan komponen tambahan berupa ram ini di dalam komputer maka komputer tersebut akan menghasilkan suatu efek yang sangat positif terkait dengan kinerja maupun kecepatan komputer tersebut, meskipun tak secara mutlak ram sebagai penentu kecepatan dari komputer tersebut. Selama ini ram kerap dijumpai dalam beberapa ukuran atau kapasitas, seperti 128 mb, 256 mb, 512 mb, 1 gb, 3 gb dan seterusnya.

Setelah memahami pengertian ram ini tak ada salahnya jika kita mengenal beberapa jenis ram yang ada. Salah satu jenis ram adalah dram atau dynamic ram, yaitu salah satu jenis ram yang harus selalu disegarkan oleh central processing unit atau cpu secara berkala dengan tujuan agar data yang tersimpan di dalamnya tidak hilang. Selanjutnya, jenis ram yang lain adalah sdram yaitu sebuah kependekan dari sychronous dynamic ram, yaitu sebuah kelanjutan daripada dram namun sdram ini telah tersinkronisasi dengan clock sistem serta mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan dram.

Jenis pengertian ram lainnya misalnya ddr ram yaitu sebuah singkatan dari double rate random access memory. Ddr ram ini juga sering disebut dengan istilah ddr saja, ram jenis ddr ini merupakan suatu teknologi kelanjutan dari sd ram, sedangkan ddr sendiri juga ada pengembangannya, yaitu ddr2 atau double data rate generation 2 random access memory, dan ddr3 atau double data rate generation 3 random access memory. Dan tak menutup kemungkinan semakin berjalannya waktu akan hadir pula pengembangan lanjutannya.

Jenis pengertian ram yang lainnya, diantaranya adalah rd ram yaitu sebuah singkatan dari rambus dynamic access memory yang mana rd ram merupakan salah satu jenis memory yang jauh lebih cepat serta tentu saja lebih mahal jika dibandingkan dengan sd ram. Selain itu ada pula jenis ram lainnya, yaitu sram yang merupakan singkatan dari static random access memory. Sram ini memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dari dram maupun sdram.