Pengertian Power Supply pada Rangkaian Elektronika

Pengertian power supply adalah suatu perangkat atau rangkaian elektronika yang berfungsi sebagai sumber tegangan dan arus tertentu dari hasil konversi tegangan jala-jala listrik PLN untuk disalurkan ke beban. Power supply merupakan perangkat yang sangat penting, dan kita pasti mungkin pernah melihatnya pada komputer, mesin ATM, playstation, power bank, mixer, dan alat-alat elektronika lainnya.

Saat ini setiap perangkat yang kita pakai dalam kegiatan sehari-hari tentunya tidak lepas dari perangkat elektronika, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Dalam dunia rangkaian elektronika, perangkat elektronika ini hanya bisa bekerja maksimal dalam kondisi tertentu, misalnya: tidak rusak, daya atau listriknya mencukupi, komponen yang cocok dan lain-lain. Karena sebagus atau semahal apapun perangkat elektronika kita selama perangkat tersebut tidak mendapat daya atau suplai tenaga untuk mengaktifkannya tetap tidak akan berfungsi.

Salah satu perangkat yang pasti biasanya ada dan dibutuhkan dalam sebuah rangkaian elektronika adalah perangkat power supply, pengertian power supply  adalah perangkat yang bisa memberi  dan mengatur tenaga / daya yang di aliran kepada perangkat elektronika, sehingga perangkat elektronika yang diberi daya atau tenaga listrik tersebut bisa bekerja dengan baik.

Tanpa power supply, perangkat elektronika kita bisa menghadapi beberapa resiko seperti tidak bekerja secara total, mengalami kerusakan perlahan-lahan, atau terjadi kecelakaan akibat kerusakan power supply atau tidak ada adanya power supply yang bekerja dengan baik.

Biasanya kita sering menemui perangkat power supply yang terpasang pada komputer, sebagai perangkat yang mengatur dan member daya/tenaga pada komputer sehingga komputer bisa bekerja secara baik.

pengertian power supply

Padahal pengertian power supply secara umum tidak saja perangkat yang bisa memberi dan mengatur tenaga kepada komputer saja, pengertian power supply menurut aplikasinya digunakan juga pada perangkat lain yang membutuhkan suplai tenaga yang khusus seperti laptop, smartphone, mesin ATM, treadmill (alat olah raga), playstation dan lain sebagainya.

pengertian power supply

Secara luas sebenarnya pengertian power supply adalah perangkat elektronik yang bisa memberi energi listrik pada sebuah beban dalam rangkaian elektronika.

Fungsi power supply

Fungsi utama dari power supply mengkonversi satu bentuk energi listrik ke bentuk energi lainnya, sehingga perangkat elektronika yang dialiri energi listrik tersebut bisa bekerja sesuai fungsinya.

Kadang kala sebuah power supply di identikan dengan converter atau adapator listrik.

Secara fungsi power supply di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti power supply teratur (regulated power supply) dan power supply tidak teratur (unregulated power supply).

Sebagai sebuah perangkat elektronika, tentu power supply membutuhkan masukan daya /tegangan yang nantinya akan di konversi atau di alirkan secara teratur pada beban atau perangkat elektronika yang dialirinya. Beberapa jenis power supply yang bisa mengubah suatu jenis tegangan ke jenis tegangan lainnya biasanya di sebut adapator.

Misalnya kita hendak mengisi tegangan batrei smartphone kita, maka diperlukan tegangan yang aman dan cukup untuk jenis batrei smartphone kita, maka untuk melakukannya, pabrikan pembuat smartphone tentu saja membuat adaptor khusus (yang biasanya berbentuk kecil),  untuk mengubah tegangan alternate current (AC) di rumah kita menjadi tegangan direct current (DC) yang nantinya bisa digunakan untuk mengisi tegangan pada batrei smartphone kita, nah perangkat tersebut tergolong power supply tetapi jenisnya adaptor. Untuk aplikasi yang lainnya yang lebih kompleks tentu power supply yang digunakan akan berbeda pula dan tentu saja lebih kompleks.

Pengertian Power supply berdasarkan kegunaannya

Power supply biasanya di buat dan didesain sesuai kondisi kebutuhan perangkat yang akan di aliri tegangan atau energi listrik, oleh karena itu biasanya ada beberapa jenis tertentu dari power supply yang biasanya ditemukan dan digunakan seperti: AC adaptor, AC/DC adaptor, AC/DC coverter jenis-jenis tersebut biasanya di sebut eksternal power supply.  Jenis power supply tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda seperti untuk mengalirkan tegangan AC dan menstabilkannya, dan ada yang untuk mengubah dari tegangan AC ke DC. Serta bagian atau komponen dalam sebuah power supply biasanya terdiri dari transformer / trafo, rectifier, filter, lalu stabilizer. Demikian penjelasan mengenai pengertian power supply.

nb: artikel ini ditulis oleh kontributor eksternal skemaku.com. Skemaku.com tidak bertanggung jawab atas kebenaran isi artikel ini secara teknis, namun untuk menambah pengetahuan dan referensi saja.