Pengertian Power Supply, Fungsi Dan Jenisnya

Mungkin istilah power supply sudah sering kali kita dengar, dan mungkin saja anda termasuk salah satu orang yang bahkan sudah tak asing lagi dengan istilah power supply tersebut, namun sebagian orang terkadang kurang paham mengenai pengertian power supply atau fungsi power supply secara spesifik pada perangkat komputer ataupun perangkat elektronika lainnya.

Nah, bagi anda yang kurang paham mengenai pengertian serta fungsi dari power supply dan anda ingin lebih dalam memahami mengenai pengertian serta fungsi dari power supply ini, ada baiknya anda menyimak ulasan singkat berikut ini mengenai pengertian serta fungsi dan pemanfaatan dari power supply berikut ini.

Pengertian power supply fungsi serta jenisnya

Pengertian power supply secara singkat yaitu perangkat keras atau alat yang berfungsi untuk mensuplai tegangan listrik atau tenaga listrik secara langsung yang berasal dari sumber tegangan listrik kepada tegangan listrik yang lain. Power supply pada umumnya digunakan pada komputer yang berfungsi sebagai penghantar tegangan listrik secara langsung ke komponen-komponen maupun perangkat keras yang lain di dalam rangkaian komputer tersebut, misalnya saja kipas, harddisk, cdrom, motherboard dan lain sebagainya. Sehingga jika tidak ada power supply atau power supply ini tak berfungsi maka komputer juga tak akan bisa beroperasi.

power supply pcPower supply mempunyai input yang berasal dari tegangan dengan arus alternating current atau arus AC dengan suatu rangkaian elektronika yang ada di dalam power supply tersebut diubah menjadi arus DC atau direct current, yang selanjutnya arus DC tersebut disalurkan ke berbagai macam perangkat keras yang terdapat di dalam komputer. Pasalnya hanya arus DC atau direct currentlah yang mampu untuk mengoperasikan beragam perangkat keras tersebut, arus direct current atau DC ini biasanya juga disebut sebagai arus searah, sedangkan arus AC biasa disebut dengan arus dua arah atau arus bolak-balik atau berlawanan.

Pengertian power supply di dalam komputer secara umum dapat diartikan sebagai alat bantu pengubah tegangan listrik dari arus alternating current atau arus AC menjadi arus DC atau direct current, sehingga semua perangkat keras yang memerlukan tegangan listrik dengan arus DC akan mendapatkan tegangan listrik dengan arus DC tersebut yang akan langsung diberikan oleh piranti yang bernama power supply ini. Oleh sebab itu pada setiap perangkat unit komputer dilengkapi dengan perangkat keras bernama power supply ini untuk menjalankan komputer, itu artinya perangkat power supply merupakan perangkat yang sangat vital.

Power supply sendiri terbagi dalam 2 jenis, yaitu jenis power supply AT dan juga power supply jenis ATX. Power supply dengan jenis AT sendiri sebenarnya hanya digunakan pada komputer model-model jadul yang hanya menemani komputer-komputer yang ada hingga pentium 2, dan untuk pentium 2 ke atas tak lagi menggunakan rangkaian elektronika power supply jenis AT ini karena dinilai tak mampu lagi untuk memberikan sokongan daya listrik yang cukup untuk menunjang kinerja komputer masa kini. Sistem pengoperasian power supply jenis AT ini juga masih sangat manual di mana untuk mengoperasikannya harus menekan saklar on off untuk menghidupkan dan mematikannya.

Berbeda halnya dengan power supply jenis ATX, power supply jenis ini telah diadopsi oleh komputer-komputer masa kini. Power supply dengan jenis ATX ini merupakan jenis power supply yang mempunyai daya listrik yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan serta menjadi standard komputer yang ada saat ini. Demikian sedikit penjelasan mengenai jenis, fungsi dan pengertian power supply, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar Anda...