Pengertian Motherboard Beserta Bagian-Bagiannya

Selain hardisk dan prosesor, terdapat sebuah komponen yang jauh lebih penting dari semuanya, yaitu motherboard. lalu apa pengertian dari motherboard tersebut? Pengertian motherboard tersebut bukan hanya sebuah komponen kecil namun motherboard tersebut adalah sebuah papan tempat dimana nantinya seluruh hardware akan dipasang.

Tanpa adanya motherboard, maka seluruh komponen pada komputerpun tidak akan ada fungsinya. Hal itu menandakan bahwa motherboard ini merupakan sesuatu yang sangat penting keberadaannya dalam sebuah komputer. Nah jika anda ingin mengulik dan mengetahui lebih lanjut tentang arti segala sesuatu tentang motherboard ini maka anda bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Arti dari motherboard

Nah yang akan kita bahas berikutnya yaitu adalah tentang peran dan pengertian motherboard secara lugas sehingga anda dapat mengetahui dengan lebih jelas mengenai segala sesuatu tentang motherboard. Tentu anda tahu bahwa motherboard ini berbentuk seperti papan bukan? Ya. Sesuai dengan namanya motherboard ini memiliki arti yaitu papan induk yang sebenarnya papan tersebut merupakan sebuah papan sirkuit tempat dimana nantinya seluruh komponen elektronika akan saling terhubung. Contoh yang paling nyata dan bisa anda lihat langsung adalah pada PC dalam perangkat komputer. Atau bisa juga anda lihat dalam macintosh yang biasanya lebih sering disebut dengan singkatan mobo.motherboard komputer

Atau untuk memperjelas anda tentang pengertian motherboard ini maka kita akan membahas lebih dalam tentang arti dari motherboard dari sisi elektronika. Motherboard atau yang biasa juga disebut dengan kata main board merupakan sebuah papan utama yang berupa sebuah pcb yang di dalamnya terdapat chip bios. Chip bios tersebut adalah sebuah sistem program yang mampu menggerakkan seluruh komponen. Pada motherboard tersebut terdapat jalur-jalur dan juga konektor yang berfungsi sebagai penghubung akses pada masing-masing perangkat. Dan nantinya seluruh komponen akan bersatu dan terpadu dalam satu motherboard tersebut.

Bagian-bagian dalam motherboard

Nah yang akan kita bahas selanjutnya adalah mengenai bagian-bagian yang terdapat dalam sebuah motherboard. Hal ini juga harus anda ketahui dengan jelas selain hanya mengetahui pengertian motherboard saja. Karena dengan mengetahui tentang bagian-bagian dari motherboard ini maka anda akan lebih jelas dan bahkan anda akan mampu merakit dan membetulkan komputer anda sendiri. Dalam motherboard terdapat beberapa bagian-bagian yang sangat penting. Bagian-bagian tersebut adalah chipset, bios, batery cmos, socket/ slot prosesor, slot ram dan juga slot ekspansi.bagian bagian motherboard

Yang pertama akan kita bahas yaitu chipset. Chipset tersebut adalah sebuah rangkaian elektronika yang tugasnya adalah untuk mengkoordinir proses transfer data yang terjadi antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Yang berikutnya adalah bios. Bios ini adalah singkatan dari basic input/output system yang merupakan sebuah program dasar yang berfungsi untuk melakukan tugas antar muka atau interface antara sistem operasi dengan motherboard itu sendiri. Sementara untuk batery cmos adalah suatu sirkuit yang disinkronkan dengan sistem sinyal. Batery ini berfungsi sebagai sumber tenaga yang akan mengenali komponen-komponen yang terpasang pada motherboard.

Bagian-bagian dalam motherboard yang akan kita bahas selanjutnya yaitu socket atau slot prosesor. Socket atau slot prosesor ini adalah sebuah rangkaian elektronika yang biasanya dipergunakan untuk menjalankan multi prosesor. Dan bagian yang selanjutnya dalam motherboard adalah slot ram. Slot ram ini adalah sebuah tempat untuk tempat meletakkan ram. Dan yang terakhir adalah slot ekspansi. Slot ekspansi ini merupakan slot tambahan yang bisa anda gunakan dan bisa juga tidak dipergunakan. Slot ini biasanya digunakan untuk menempelkan vga card.