Pengertian Listrik

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Energi listrik dimanfaatkan untuk menggerakkan berbagai alat elektronik yang berfungsi mempermudah pekerjaan manusia. Hampir setiap hari manusia tidak terlepas dari penggunaan listrik selama 24 jam dan 7 hari seminggu.

Namun meski sering berhubungan dengan benda yang dialiri listrik ternyata belum banyak yang tahu apa pengertian listrik yang sebenarnya. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir, kali ini kami akan berbagai pengetahuan tentang pengertian listrik.

Pengertian listrik menurut KBBI

Secara umum setiap kata-kata yang telah diserap dalam bahasa Indonesia dapat ditemukan definisinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tidak terkecuali pengertian listrik yang juga dapat anda temukan dalam KBBI. Menurut KBBI, listrik diartikan sebagai suatu daya yang muncul akibat terjadinya suatu gesekan atau dikarenakan sebab lain seperti proses kimia.

pengertian listrikDari sini dapat diketahui bahwa listrik ini dapat terbentuk melalui dua proses, yang pertama karena adanya gesekan antara dua benda atau lebih dan juga adanya proses kimia yang mampu menghasilkan listrik. Jika ditinjau dari segi bahasa, listrik berasal dari bahasa inggris yakni electric yang memiliki arti energi yang memiliki muatan arus.

Pengertian listrik dalam ilmu fisika

Listrik merupakan salah satu kajian dalam keilmuan fisika. Dalam ilmu fisika, listrik dibagi menjadi dua jenis, yakni listrik statis dan juga listrik dinamis. Pengertian listrik statis adalah suatu energi listrik yang terkandung dalam benda yang memiliki muatan listrik. Pembentukan listrik statis ini berasal dari beberapa atom yang terdiri dari proton dan elektron yang kemudian menghasilkan energi listrik.

Listrik statis ini biasanya dapat dibuktikan keberadaannya melalui eksperimen yang menggunakan media penggaris dan potongan kertas kecil-kecil. Awalnya penggaris dapat digesek-gesekkan pada kain atau baju, setelah itu dekatkan pada potongan kertas tadi. Bukti keberadaan energi listrik adalah ketika potongan kertas tersebut menempel pada permukaan penggaris.

Sedangkan pengertian listrik dinamis merupakan energi listrik yang dapat bergerak. Listrik dinamis inilah yang biasanya menggunakan media baterai yang dihubungkan dengan rangkaian elektronika tertentu sehingga membuat benda tersebut dapat bergerak. Listrik dinamis ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis rangkaian listrik, misalnya rangkaian seri, dan juga rangkaian parallel.

Dalam listrik dinamis ini juga dikenal beberapa istilah yang familiar di dunia fisika, yakni tegangan, hambatan dan juga arus listrik. Daya listrik dapat dinyatakan dalam satuan watt, sementara untuk arus listrik digunakan satuan ampere (A). Berbeda halnya dengan tegangan listrik yang memiliki satuan Volt (V).

Pengertian listrik yang bermacam-macam memang senada dengan manfaatnya yang juga beragam. Listrik banyak sekali peralatan elektronik yang memanfaatkan energi listrik sebagai penggeraknya. Sebut saja lampu, televisi, kulkas, dan masih banyak lagi. Energi listrik ini dapat diperoleh dari beberapa sumber misalnya dari panas bumi, nuklir, minyak, matahari, dan masih banyak lagi.

Itu tadi informasi yang dapat kami bagikan mengenai pengertian listrik dan beberapa hal yang berkaitan dengan kelistrikan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa listrik memiliki banyak pengertian namun pada intinya listrik ini sangat berpengaruh dalam mempermudah manusia dalam menjalankan berbagai aktivitasnya.

Listrik ini sangat terbatas jumlahnya sehingga gerakan penghematan listrik harus terus digalakkan demi terjaganya kelangsungan hidup manusia di seluruh dunia. Jadi gunakanlah listrik secara bijak dan tidak boros agar anak cucu kita masih merasakan kemudahan yang berkat keberadaan energi listrik ini.