Pengertian Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Bagi mereka yang telah akrab dan selalu bergelut dengan rangkaian elektronika maupun setiap hari berkecimpung dalam dunia kelistrikan tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya listrik statis maupun listrik dinamis, namun lain halnya jika anda yang sangat awam akan dunia kelistrikan maupun dunia elektronika.

Namun jangan khawatir, untuk menambah pengetahuan anda mengenai listrik statis maupun listrik dinamis tersebut silahkan simak ulasan singkat berikut ini yang akan membahas mengenai pengertian serta hal-hal yang lainnya terkait dengan listrik statis dan listrik dinamis.

Pengertian listrik statis serta listrik dinamis

Pengertian listrik statis adalah energi yang terkandung dalam suatu benda yang mempunyai muatan listrik. Dan muatan listrik pada benda tersebut bisa berupa srus positif atau bisa juga negatif. Bila diperinci secara lebih dalam, semua zat tersebut terbentuk dari beberapa jumlah atom. Tiap-tiap atom tersebut mempunyai inti atom yang terdiri dari elektron serta proton yang mengelilinginya.

pengertian listrik statisProton tersebut memiliki muatan listrik positif, dan pada elektron mempunyai muatan listrik negatif. Pada waktu dua zat atau benda misalnya saja tangan kita dengan balon keduanya saling digesek-gesekan, maka material yang mempunyai daya tarik yang lebih lemah dalam hal ini tangan kita akan ditarik elektronnya.

Hal yang terjadi kemudian elektron dari tangan akan menempel pada benda dengan daya tarik yang lebih kuat dalam hal ini balon. Maka dengan demikian kedua zat tersebut menjadi memiliki muatan listrik, di mana material yang elektronnya telah hilang akan mempunyai muatan yang positif kemudian material yang mendapat elektron akan menjadi bermuatan negatif.

Tangan atau balon merupakan material dengan muatan listrik yang netral pada saat belum digesek antara satu dengan yang lainnya, dengan artian jumlah muatan negatif serta positifnya sama. Setelah digesekan, tangan akan memiliki muatan positif yang berlebih kemudian balon akan memiliki muatan negatif yang berlebih, contoh tersebut tentu mempermudah mencerna pengertian listrik statis ini.

Muatan listrik yang tidak sama tersebut akan saling tarik-menarik, hingga akhirnya muatan negatif pada balon akan ditarik oleh muatan positif pada tangan. Namun jika dihitung sebenarnya jumlah total muatan dari gabungan balon serta tangan tidak berubah. Penggesekan yang dilakukan mengakibatkan elektron berpindah dari zat satu menuju zat lainnya. Kemudian setelah memahami pengertian listrik statis kini kita dalami pengertian listrik Dinamis. Listrik dinamis merupakan listrik yang bisa bergerak.

Dan cara untuk bisa menghitung kekuatan dari arus pada listrik dinamis adalah dengan membagi muatan listrik dengan waktu, di mana satuan muatan listrik menggunakan satuan coulumb dan satuan waktunya menggunakan satuan detik. Coba anda lihat rangkaian elektronika baterai yang ada pada mainan anak semisal mobil-mobilan, baterai tersebut menjadi sumber tenaga untuk bisa menggerakkan motor listrik. Bila anda tekan saklar ke posisi on, maka secara otomatis ujung-ujung baterai akan segera tersambung dengan motor listrik tersebut yang kemudian akan menyala.

Maka dengan begitu motor listrik tersebut akan membuat roda mobil mainan tersebut berputar kemudian mobil mainan tersebut akan bisa bergerak. Sebaliknya, pada saat saklar diposisikan pada keadaan mati atau off, maka motor dengan baterai tak terhubung. Dengan demikian motor listrik tidak akan menyala dengan begitu mobil mainan tersebut tidak akan bergerak. Demikian secuil informasi yang bisa kami bagi mengenai pengertian listrik statis dan dinamis ini, semoga bisa bermanfaat.