Pengertian Led, Cara Kerja Dan Pemanfaatannya

Mungkin anda sudah sering mendengar istilah LED atau bagi anda yang gemar mengotak-atik sesuatu yang berhubungan dengan elektronika pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya LED. Namun mungkin anda belum sepenuhnya memahami apa sesungguhnya LED dan bagaimana cara kerjanya.

Dalam uraian singkat berikut ini akan kita bahas mengenai pengertian led maupun cara kerja LED itu sendiri secara lebih mendalam dengan tujuan agar kita bisa lebih mengenal mengenai fungsi dan pemanfaatannya. Bagi anda yang sudah tak sabar dan ingin segera mengetahui apa itu LED dan juga bagaimana cara kerjanya, simak dalam penjelasan singkat berikut ini.

Pengertian led cara kerja dan juga pemanfaatannya

dioda ledLight Emitting Diode atau yang biasa disingkat dengan LED merupakan komponen atau rangkaian elektronika yang bisa memancarkan cahaya monokromatik saat diberi tegangan maju. LED adalah golongan keluarga Dioda yang dibuat dari bahan semikonduktor. Dan warna dari Cahaya yang dipancarkan oleh LED ini sangat tergantung dengan jenis bahan semikonduktor yang digunakan.

Disebut monokromatik karena dioda LED hanya memancarkan satu warna saja. Adapun jenis LED yang dapat memancarkan cahaya beberapa warna merupakan gabungan beberapa LED yang dikemas dalam satu kemasan. LED jenis tertentu juga dapat memancarkan sinar inframerah yang tentu tidak bisa dilihat dengan mata, misalnya seperti yang biasa kita jumpai penerapannya pada Remote Control AC maupun Remote Control pada perangkat elektronik yang lainnya.

dioda ledBentuk LED ini sangat mirip dengan bohlam atau bola lampu yang kecil serta bisa dipasangkan dengan sangat mudah dalam berbagai rangkaian elektronika. Dan perbedaan LED dengan Lampu Pijar adalah LED tak memerlukan pembakaran filamen maka dari itu tidak akan menimbulkan panas pada saat menghasilkan cahaya. Dan oleh sebab itu, sekarang ini LED atau Light Emitting Diode yang mempunyai bentuk kecil sudah banyak sekali pemanfaatannya, misalnya saja digunakan untuk lampu penerang di dalam LCD TV yang menggeser fungsi lampu tube. Selain itu masih banyak sekali pemanfaatan LED atau Light Emitting Diode ini dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian led akan semakin mudah dipahami setelah kita memahami Cara Kerja dari LED atau Light Emitting Diode ini. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, LED adalah golongan dari Dioda yang terbuat dari bahan Semikonduktor. Dan cara kerjanya juga hampir sama dengan Dioda yang juga mempunyai dua kutub, yaitu Kutub Negatif atau N dan kutub Positif atau P. LED juga hanya akan memancarkan cahaya saat dialiri tegangan maju atau bias forward dari Anoda ke Katoda. LED ini terdiri dari suatu chip semikonduktor dengan doping yang akan menciptakan junction N dan P.

Dan dalam pengertian led yang dimaksud dengan proses doping dalam semikonduktor adalah proses untuk meningkatkan ketidakmurnian atau impurity dalam semikonduktor yang masih murni sehingga akan menghasilkan karakteristik kelistrikan sesuai yang diinginkan. Saat LED teraliri bias forward atau tegangan maju dari Anoda atau P menuju ke Katoda atau K, maka Kelebihan Elektron dalam N-Type material akan segera berpindah ke bagian yang kelebihan Hole atau lubang yaitu di bagian yang bermuatan positif atau P-Type material. Dan pada saat Elektron bertemu dengan Hole maka akan melepaskan photon lalu memancarkan cahaya monokromatik.

Pengertian led atau Light Emitting Diode yang bisa memancarkan cahaya saat dialiri tegangan maju atau bias forward ini juga bisa digolongkan dalam Transduser yang bisa mengubah Energi Listrik berubah menjadi Energi Cahaya. Sekarang ini, LED memiliki warna yang beraneka ragam yang tergantung pada wavelength atau panjang gelombang serta senyawa semikonduktor yang dipergunakannya. Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian LED, semoga bermanfaat.