Pengertian Kapasitor

Pengertian kapasitor: Kapasitor merupakan salah satu komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik dalam waktu tertentu atau sementara. Dalam dunia elektronika, komponen kapasitor disebut juga dengan kondensator.

Pada dasarnya, sebuah kapasitor terdiri dari 2 buah pelat metal yang dipisahkan dengan sebuah dielektrik. Bahan dielektrik ini bisa bermacam-macam tergantung bahan yang digunakan seperti keramik, kertas, udara vakum, gelas, dan lain-lain. Semua bahan dielektrik yang digunakan akan mempengaruhi besarnya kapasitas dan karakteristik dari kapasitor itu sendiri.

Pengertian Kapasitor menurut Bentuknya

contoh bentuk dan jenis kapasitor

Contoh Bentuk dan Jenis Kapasitor

Sama seperti halnya Resistor, Kapasitor disebut juga dengan komponen pasif karena pada saat komponen ini bekerja, komponen ini tidak memerlukan arus listrik atau arus panjar. Fungsi umum dari kapasitor memang untuk menyimpan muatan arus listrik, namun secara spesifik fungsi dari kapasitor ini banyak, bisa sebagai filter pada power supply, sebagai kopling DC pada amplifier, sebagai penentu frekuensi osilator, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa maksud pengertian kapasitor disini hanya bisa menghantarkan arus bolak-balik atau arus AC, sedangkan untuk arus DC yang dilalui oleh kapasitor akan di blok (tidak mengalir). Nilai sebuah kapasitor ditentukan dengan satuan Farad. Penamaan Farad ini diambil dari penemunya, Michael Faraday yang menemukan sebuah kapasitor pada tahun 1791-1867.

Kapasitor juga disebut sebagai kondensator karena pada sejarahnya waktu itu salah satu ilmuwan Alessandro Volta menemukan istilah untuk sebuah komponen yang mampu menyimpan suatu muatan arus listrik yang disebut dengan Condensatore.

Satuan Farad pada kapasitor dianggap terlalu besar untuk sebuah rangkaian elektronika, oleh karena itu kapasitor yang banyak dijual dipasaran nilai satuannya diperkecil lagi menjadi µF (mikro Farad), nF (nano Farad) dan pF (piko Farad), yang mana:

1 µF = 10-6 F
1 nF = 10-9 F
1 pF = 10-12 F

atau:

1 F = 1.000.000 µF
1 µF = 1.000.000 pF
1 µF = 1.000 nF
1 nF = 1.000 pF

Kapasitor yang banyak dijual dipasaran adalah dengan satuan paling kecil pF, kemudian nF, dan biasanya paling besar µF. Untuk ukuran fisik dari kapasitor berbanding lurus dengan nilai kapasitas dari kapasitor tersebut, yang mana semakin besar kapasitas dari kapasitor maka akan semakin besar dimensinya.

Untuk cara kerja, fungsi, jenis dan rumus perhitungan dari kapasitor ini akan dijelaskan kemudian pada postingan berikutnya. Demikian pengertian kapasitor secara umum.

Tags: