Pengertian Hardisk Beserta Fungsi-Fungsinya

Hardisk atau hard disk merupakan sebuah perangkat yang sangat diperlukan dalam rangkaian pada laptop ataupun komputer. Yang mana peran hardisk ini sangat penting sehingga tanpa adanya sebuah hardisk maka perangkat komputer atau laptop tidak akan bisa beroperasi. Karena fungsi hardisk yang sangat vital tersebut maka dari itu hardisk dalam komputer atau laptop anda harus selalu anda rawat.

Sebuah hardisk jika tidak terawat bisa mengakibatkan  komputer anda akan semakin berkurang kualitas dan juga kinerjanya atau biasanya komputer anda akan menjadi lambat atau lemot. Lalu pada dasarnya apakah anda mengetahui tentang apa sebenarnya pengertian hardisk?

Pengertian hardisk

Langsung saja kita akan membahas tentang pengertian dari hardisk ini yang tentunya sangat erat juga kaitannya dengan rangkaian elektronika yang terdapat pada komputer. Dan pada dasarnya memang hardisk ini adalah sebuah perangkat keras atau hard ware dari sebuah komputer atau laptop yang bekerja dengan sangat sistematis dan menjadi pusat penyimpanan. Jadi secara gamblang memang hardisk ini menjadi media penyimpanan yang bisa anda gunakan untuk menyimpan file apa saja. Seperti file sistem dan berbagai macam soft ware yang dibutuhkan oleh komputer. Tidak terkecuali file seperti foto, video, lagu, games dan sebagainya.hardisk komputer

Selain pengertian hardisk yang memang sangat penting, hardisk ini juga memiliki kelebihan yang sangat berguna bagi para pengguna seperti kita tentunya. Fungsi dari hardisk sebagai media penyimpanan sangat bermanfaat karena terdapat file-file yang tidak bisa hilang bahkan saat kita sudah mematikan komputer atau laptop. Hal itu terjadi karena hardisk ini juga memiliki peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen sehingga data-data yang anda simpan tidak akan hilang ataupun terhapus. Karena banyaknya data yang bisa disimpan di dalam hardisk ini maka hardisk ini dibuat dengan kapasitas yang bervariasi.

Hardisk portable

Selanjutnya kita akan membahas mengenai arti dari hardisk portable. Dalam pengertian hardisk di atas telah dijelaskan bahwa ukuran hardisk sangat bervariasi. Dan hal itu akan sangat menguntungkan bagi anda karena anda bisa memilih dengan bebas seberapa besar hardisk atau media penyimpanan pada komputer atau laptop anda. Namun kebanyakan orang lebih menyukai ukuran hardisk yang besar. Semakin besar kapasitas penyimpanan sebuah hardisk maka semakin banyak pula file dan data yang bisa disimpan. Dan jika hardisk internal anda sudah tidak muat untuk menampung segala file anda kini sudah ada terobosan terbaru dalam dunia hardware komputer yaitu berupa hardisk portable.

Yang mana hardisk portable ini bisa anda gunakan tanpa harus menanam hardisk ke dalam rangka komputer atau pada bagian dalam laptop anda. Cukup menggunakan kabel data sebagaimana anda menggunakan flash disk maka anda sudah bisa memanfaatkan hardisk portable untuk media penyimpanan tambahan untuk berbagai keperluan anda. Bahkan seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa pengertian hardisk portable ini hampir sama persis seperti flash disk hanya saja kapasitas tampungan datanya jauh lebih besar dan lebih aman.

Fungsi utama dari hardisk

Setelah tadi kita membahas tentang pengertian hardisk maka selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi dari hardisk itu sendiri. Fungsi utama dari hardisk adalah sebagai media penyimpanan data yang berasal dari sebuah proses yang berjalan pada perangkat komputer anda. Dan untuk memperjelas tentang pengertian hardisk komputer ini yaitu bahwa di dalam hardisk ini terdapat ruang-ruang kecil yang akan memudahkan anda dalam mencari file, yaitu seperti direktori, folder, subdirektori, sub folder dan lain sebagainya.