Muatan Listrik dan Atom

Listrik merupakan sesuatu yang dipakai untuk mengaktifkan alat-alat elektronika seperti: Radio, TV, kalkulator, komputer, VCD, dan lain sebagainya. Tanpa adanya arus listrik, maka alat-alat tersebut tidak dapat dimanfaatkan. dimana listrik memiliki 2 muatan. yaitu muatan positif dan muatan negatif. Antara muatan tersebut dapat terjadi tarik-menarik bila muatan listrik yang berlawanan.Dan sebaliknya akan terjadi tolak menolak bila muatan listrik yang sejenis seperti proton dengan proton.

muatan listrik dan atomSuatu atom dikatakan netral jika kandungan neutron dan protonnya sama. Namun bila salah satu unsur baik proton atau neutron dipindahkan maka atom tersebut tidak netral lagi. Jika elektron dipindahkan ke yang lainnya, maka inti atom (neutron) atau protonnya akan bertambah. Logikanya jika elektronnya berkurang maka neutronnya akan bertambah. Dalam keadaan yang demikian maka jumlah muatan listrik dari atom keseluruhannya menjadi +1.

Jika suatu atom mendapatkan muatan elektron dari luar berarti inti atombertambah muatan negatifnya. atau muatan negatif lebih banyak lagi dibandingkan dengan muatan elektron pada lintasan luar. Dalam keadaan yang demikian itu, jumlah muatan listrik atom keseluruhan mejadi -1. Atom yang kelebihan muatan elektron disebut ion negatif, dan atom yang kekurangan elektron disebut ion positif.

Berikan Komentar Anda...