Mengenal Pengertian Satelit Beserta Jenisnya

Anda mungkin sudah sering mendengar kata satelit, tapi apakah anda tahu apa yang dimaksud satelit dan bagaimana kegunaan satelit itu? Satelit merupakan salah satu benda luar angkasa yang dapat berupa buatan manusia atau terbentuk secara alami. Untuk itu jenis satelit dibedakan menjadi dua, yakni satelit alami dan satelit buatan. Untuk memahami tentang pengertian satelit baik yang alami maupun yang buatan mari simak pembahasan berikut ini.

Pengertian satelit alami

Pengertian satelit alami ini secara sederhana adalah satelit yang tidak dibuat oleh manusia dan secara alami terbentuk bersamaan dengan terbentuknya dunia semesta. Sementara pengertian satelit alami secara ilmiahnya adalah berbagai benda luar angkasa yang memiliki orbit terhadap suatu planet. Jika kita berbicara masalah satelit alami bumi, pikiran kita pasti akan langsung terfokus pada bulan. Benar sekali, bulan merupakan salah satu bentuk satelit alami yang mengorbit pada bumi.

Ciri dari satelit alami ini adalah ukurannya yang tidak lebih besar dari planet orbitnya. Waktu rotasi dan revolusi dari satelit alami ini pun berbeda-beda antara satelit satu dengan lainnya. Namun biasanya waktu yang dibutuhkan untuk sekali rotasi dan revolusi sama setiap waktu. Satelit alami juga akan selalu berada pada jalur orbitnya karena memiliki gaya tarik dengan planet orbitnya.

Pengertian satelit buatan beserta jenis-jenisnya

pengertian satelitSebagaimana namanya, satelit buatan memang merupakan hasil buatan manusia. Pengertian satelit buatan ini dikembalikan lagi kepada fungsi dari masing-masing satelit. Namun untuk sifat satelit buatan ini tidak jauh berbeda dengan satelit alami. Satelit buatan juga akan berorbit pada planet induknya.

Karena manusia tinggal di bumi, maka satelit buatan paling banyak dibuat untuk berorbit pada bumi, meski tidak menutup kemungkinan terkait pembuatan satelit yang mengorbit pada planet lain selain bumi. Satelit buatan ini memiliki jenis yang beragam dan penciptaannya juga didasarkan pada fungsi tertentu.

Jenis satelit buatan yang pertama adalah satelit astronomi. Pengertian satelit astronomi adalah satelit yang berfungsi untuk melihat berbagai benda luar angkasa, seperti meteor, bintang, planet, dan lainnya. Ada juga satelit pengamat bumi yang fungsinya tidak lain untuk melihat berbagai perkembangan dalam bumi, misalnya perubahan lingkungan, kebutuhan untuk pembuatan peta, dan lainnya.

Satelit lain yang juga tak kalah pamornya adalah satelit komunikasi yang tujuannya untuk memperlancar proses komunikasi yang memanfaatkan gelombang radio dan sejenisnya. Ada juga satelit khusus yang digunakan oleh pihak militer untuk memata-matai musuh yakni satelit mata-mata. Masih banyak sekali jenis satelit yang sudah dibuat manusia, misalnya satelit cuaca, satelit tenaga surya, satelit navigasi, dan lainnya.

Setelah membahas mengenai pengertian satelit dan jenis-jenisnya, selanjutnya akan kami ulas sedikit mengenai cara kerja satelit, terutama satelit buatan. Satelit ini dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memancarkan sinyal-sinyal. Rangkaian elektronika dari satelit ini bekerja dengan cara mengirim sinyal ke satelit yang sudah dipasang di luar angkasa. Sinyal ini biasanya sifatnya masih lemah, kemudian sinyal tersebut akan digeser frekuensinya sehingga mampu menyebar melalui alat pemancar yang sudah terpasang dalam satelit.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai pengertian satelit dan beberapa hal terkait satelit. Pengetahuan awal ini mungkin belum mampu memahamkan anda dengan mendalam terkait satelit, tetapi paling tidak bermanfaat memberi pengetahuan dasar mengenai dunia per-satelitan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan mendorong anda untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai satelit.