Memahami Sound System Rakitan

Rangkaian elektronika memang selalu bermanfaat bagi manusia. Ketika akan merangkainya anda pastinya tidak akan bisa lepas dari komponen elektroniknya tersebut yang akan mempengaruhi hasil dari rangkaian tersebut. Nah pastinya anda sudah cukup mengetahui hal tersebut karena sudah banyak contohnya. Selain itu semua, tentunya anda mengenal sound system yang biasa dijumpai ketika ada acara atau anda memilikinya di rumah. Nah artikel ini akan membahas mengenai sound system secara detail sehingga anda bisa menjadikannya pengetahuan baru mengenai alat pengeras tersebut.

Penggunaan sound system memang tidak hanya ketika ada event-event tertentu yang membutuhkan pengeras suara. Namun dengan perkembangan zaman banyak orang yang menggunakannya secara individual di pasang di dalam rumah yang berguna untuk mendengarkan musik atau ketika menonton film agar suara yang dihasilkan lebih menggelegar. Namun tidak semua orang mengetahui sound system rakitan yang baik yang pastinya akan menghasilkan suara keluaran yang menakjubkan. Jika anda tertarik dengan hal ini maka tidak salah jika menyimak artikel yang akan membahas secara gamblang tentang hal tersebut sebagai informasi yang mungkin anda butuhkan.

Maksud sound system rakitan secara sederhana

sound system rakitanAnda pastinya sudah tidak asing dengan alat pengeras suara yang biasanya anda temui ketika acara yang dilakukan di outdoor, indoor atau event-event lainnya seperti pernikahan, konser band, lomba dan sebagainya. Nah pasti anda berfikir jika semua sound system tersebut sudah asalnya demikian tanpa harus dirakit jika akan menggunakannya. Namun sayangnya salah, karena jika akan menggunakan alat pengeras ini anda harus merakitnya sehingga menghasilkan suara yang sesuai dengan harapan. Nah sound system rakitan merupakan alat pengeras yang disusun atau dirakit agar hasil dari suara yang dihasilkan sesuai acara dan sesuai keinginan dengan berbagai komponen yang digunakannya.

Berbagai macam sound system rakitan

Dalam merakit sound system untuk suatu acara maka yang pertama kali anda harus perhatikan adalah kualitas suara yang keluar. Namun biasanya ketika mengerjakan sound system rakitan anda bertemu dengan suara yang berdengung, nah untuk mengatasinya anda harus memisahkan ground sinyal yang anda gunakan dengan ground powernya. Pilih juga power yang sesuai kebutuhan dan keahlian anda karena jika terlalu rumit anda akan lebih bingung. Jika sound system mengalami cacat treble maka anda harus mengalirkan arus sebesar 50-100ma dari setiap transistor sehingga akan lebih bagus kualitasnya.

Jika sedang mengerjakan sound system rakitan dan mengalami suara yang loyo maka anda bisa menggunakan berbagai rangkaian pre-amp sehingga akan membantu menaikkan sinyal. Pilihlah pre-amp yang menggunakan IC op-amp yang akan menghasilkan supply +12V-12V. Anda juga harus memperhatikan sinyal output agar suara yang dihasilkan mengagumkan. Selain itu, ketika merakit sound system maka anda juga harus memperhatikan treblenya karena jika berlebihan maka merusak power amp yang anda gunakan. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan kapasitor 1nf yang kemudian masukkan dalam power amp pada ground agar sinyal tidak cacat.

Nah menyimak berbagai hal mengenai sound system rakitan tentunya akan memberikan anda pengetahuan yang lebih untuk merakit alat pengeras ini jika akan digunakan. Memang tidak mudah sehingga jika anda sangat tertarik maka harus banyak belajar agar lebih mendalami seluk beluknya dan berhasil merakit sound system dengan suara yang baik tanpa cacat. Maka dari itu saatnya mencoba hal baru dengan alat elektronik ini.

nb: artikel ini ditulis oleh kontributor eksternal skemaku.com. Skemaku.com tidak bertanggung jawab atas kebenaran isi artikel ini secara teknis, namun untuk menambah pengetahuan dan referensi saja.

Berikan Komentar Anda...