Mari Mengenal Jenis-jenis Kabel Listrik beserta Kegunaannya

Jenis-jenis kabel listrik–>Dalam kehidupan sehari-hari kabel merupakan suatu komponen yang tidak bisa lepas dari elemen kehidupan. Bagaimana tidak kabel hanya memiliki satu fungsi utama, yaitu sebagai penghantar listrik. Namun dari satu fungsi utama itu banyak sekali kegunaannya.

Bayangkan saya jika tidak ada kabel, rumah-rumah tidak akan bisa menikmati eneregi listrik yang dapat menyalakan berbagai peralatan elektronik rumah tangga. Selain sebagai penghantar listrik umum, kabel juga berfungsi sebagai penghantar radio frekuensi sebelum dipancarkan melalui antena. Tanpa ada kabel penghantar radio frekuensi, mungkin kita tidak akan bisa menikmati siaran televisi atau parabola.

Jenis-jenis kabel listrik: mengenal bagian-bagian kabel listrik

jenis-jenis kabel listrikTernyata jenis-jenis kabel listrik memiliki banyak ragam yang dibuat berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Meskipun jenis-jenis kabel listrik ada banyak, namun pada dasarnya sebuah kebel listrik terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian isolator dan bagian konduktor.

Setiap jenis-jenis kabel listrik mempunyai spesifikasi ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda dalam menyalurkan energi listrik. Bagian isolator pada kabel listrik merupakan bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Yang mana bagian ini terdiri dari pembungkus kabel yang terbuat dari bahan thermoplastik atau thermosetting. Semakin baik tingkat isolator dari suatu kabel, maka semakin bagus kualitas dari kebel tersebut.

Bagian konduktor dari kabel listrik merupakan bagian yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik. Bagian konduktor suatu kabel listrik pada umumnya terbuat dari bahan tembaga atau alumunium. Daya hantar atau konduktansi dari sebuah kabel listrik ditentukan oleh parameter yang disebut dengan  KHA (Kemampuan Hantar Arus). Kemampuan hantar arus dari kabel listrik berbeda-beda tergantung dari elemen atau bahan konduktor dari kebel listrik itu sendiri.

Kemampuan daya hantar arus kabel listrik ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya oleh bahan konduktor, dan luas penampang atau diameter kabel konduktor. Biasanya semakin besar diameter suatu kabel, maka kemampuan kabel listrik untuk dilalui arus (Ampere) juga semakin tinggi.

Selain kualitas kabel ditentukan oleh bahan isolator yang digunakan, kualitas kabel listrik juga ditentukan oleh kualitas bahan dari konduktornya. Semakin tinggi daya handar suatu kabel, maka semakin tinggi kualitas kabel listrik tersebut. Saat ini ada dua bahan terbaik yang digunakan pada kabel listrik, yakni tembaga murni dan emas. Tembaga murni dan emas merupakan bahan yang dapat menghantarkan arus listrik paling baik.

Namun tidak jarang dipasaran banyak ditemui jenis kabel, terutama kabel murah yang menggunakan bahan tembaga campuran. Tembaga campuran ini dibuat untuk menekan ongkos produksi agar harga jual semakin terjangkau. Sebuah kabel listrik dengan bahan konduktor tembaga murni atau tembaga murni yang dilapisi emas tentu memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kabel listrik berbahan konduktor campuran.

Untuk lebih memahami tentang kabel listrik, berikut adalah jenis-jenis kabel listrik yang beredar.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYA

Jenis-jenis kabel: kabel nya

Kabel NYA merupakan salah satu jenis-jenis kabel listrik tunggal yang banyak digunakan pada instalasi listrik rumah. Kabel NYA rata-rata memiliki diameter 1,5mm atau 2,5mm yang dilapisi isolator berbahan PVC. Untuk isolatornya sendiri memiliki kode warna yang menunjukan bahan dari isolator itu sendiri, kode warna untuk isolator pada kabel NYA adalah warna merah, kuning, biru dan hitam.

Kabel NYA memiliki kekurangan lebih mudah terkena cacat akibat goresan, gigitan tikus atau cuaca, karena lapisan isolator pada kabel NYA hanya satu lapis. Agar lebih tahan lama biasanya kabel NYA dipasangkan pada saluran tertutup seperti pipa, atau dipasang di udara agar jauh dari jangkauan.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYM

Jenis-jenis kabel: kabel nym

Kabel NYM merupakan salah jenis kabel yang mempunyai inti lebih dari satu, yang mana bisanya kabel ini digunakan untuk instalasi listrik gedung atau bangunan yang langsung tertanam pada dinding. Jumlah inti dari kabel NYM adalah 2, 3 atau 4 inti. Masing-masing inti kabel NYM dilapisi dengan isolator. Bahan terluar dari kabel ini dilapisi dengan isolasi PVC. Pada dasarnya kabel jenis NYM mempunyai keamanan yang lebih baik terutama untuk instalasi listrik, karena setiap dan keseluruhan kabel inti masing-masing dilindungi dengan isolator.

Karena mempunyai kualitas yang lebih baik, harga kabel NYM lebih mahal dari kabel NYA. Selain itu kabel ini dapat ditempatkan pada lingkungan kering dan basah, namun tidak untuk ditanam.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYY

Jenis-jenis kabel: kabel nyy

Berbeda dengan kabel jenis NYM, kabel NYY dirancang untuk penggunaan didalam tanah, ataupun berbagai kondisi seperti outdoor, kering ataupun lembab. Namun untuk lebih amannya kabel ini sangat direkomendasikan menggunakan perlindungan lagi seperti pipa PVC ataupun pipa besi. Terutama untuk aliran listrik tegangan tinggi. Kabel jenis NYY mempunyai inti lebih dari satu, yakni 2, 3, atau 4 inti.

Bahan isolator untuk kabel jenis NYY mempunyai konstruksi yang lebih kuat dan kaku dibandingkan dengan kabel jenis NYM. Selain itu bahan isolator yang terdapat pada kabel ini biasanya dilengkapi dengan anti gigitan tikus.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYAF

Jenis-jenis kabel: kabel nyaf

Kabel NYAF merupakan salah satu jenis-jenis kabel listrik serabut yang dibuat dari bahan tembaga murni atau campuran yang dilapisi dengan isolasi PVC kualitas menengah. Kabel jenis NYAF sangat fleksibel sehingga sangat cocok untuk digunakan pada jalur-jalur dengan banyak belokan-belokan tajam. Dalam penggunaannya kabel ini harus dilindungi lagi dengan pipa distribusi. kabel ini relatif mudah terkena korosi dalam jangka waktu lama terutama untuk bahan inti dari tembaga campuran. Oleh karena itu kabel ini tidak cocok untuk digunakan pada lingkungan yang lembab dan atau basah.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Jenis-jenis kabel: kabel nyfgby

KAbel jenis ini memiliki lapisan-lapisan isolator yang kuat dan tahan lama. Pada penggunaannya, kabel ini dapat ditanam didalam tanah tanpa memerlukan perlindungan tambahan lagi. Namun demikian tetap saja jika kabel ini akan menyebrangi jalan raya tetap direkomendasikan menggunakan perlindungan lagi, setidaknya pipa PVC. Menurut spesifikasi, kabel jenis NYFGbY/NYRGbY/NYBY dapat ditanam didalam tanah hingga kedalaman 0,8 meter saja.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYCY

Jenis-jenis kabel: kabel nycy

Kabel jenis NCYC merupakan jenis kabel yang dirancang untuk penggunaan didalam ruangan, didalam tanah, ataupun alam terbuka. Yang mana kabel ini terdiri dari penghantar konsentris yang dilapisi dengan pelindung pita CU kabel. Kabel jenis NCYC dikenal dengan jenis kabel yang tahan dengan berbagai dengan kondisi cuaca.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel BC

Jenis-jenis kabel: kabel BC

Kabel jenis ini memiliku sistem konduktansi yang unuk, yang mana penghantarnya terdiri dari pilinan kabel yang disatukan sehingga menghasilkan konstruksi kabel yang kuat dan tidak mudah putus. Ukuran kabel ini pada umumnya antara 6 mm hingga 500 mm. Kabel jenis BC banyak digunakan sebagai pentanahan atau arde/ground. Pada gedung atau bangunan tinggi, kabel ini sangat baik untuk digunakan sebagai kabel penghantar untuk penangkal petir.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel AAAC

Jenis-jenis kabel: kabel AAAC

Kabel jenis AAAC merupakan jenis kabel yang terdiri dari pilinan kabel berbahan alumunium-magnesium-silikon yang merupakan bahan logam campuran. Kabel jenis ini dirancang sebagai kabel yang memiliki konstruksi yang kuat, anti karat dan untuk penggunaan yang sangat lama. Kabel jenis AAAC juga baik untuk digunakan sebagai penghantar dari penangkal petir.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel ACSR

Jenis-jenis kabel: kabel ACSR

Kabel jenis ACSR merupakan salah satu jenis kabel yang banyak digunakan untuk saluran translisi tegangan tinggi, yang mana kabel ini biasanya melintang tanpa isolasi diantar dua tiang menara distribusi. Kabel ACSR terdiri dari bahan alumunium denga inti kawat baja. Jenis-jenis kabel listrik tipe ACSR sangat cocok untuk digunakan pada saluran arus dan tegangan sangat tinggi.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel ACAR

Jenis-jenis kabel: kabel ACAR

Sama seperti halnya kabel ACSR, kabel jenis ACAR memiliki fungsi yang hampir sama dengan kabel ACSR hanya saja kabel jenis ACAR memiliki kualitas yang lebih baik karena bahan kabelnya diperkuat lagi dengan bahan logam campuran sehingga menghasilkan kabel yang sangat kokoh dan kuat.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYMHYO

Jenis-jenis kabel: kabel NYMHYO

Kabel jenis NYMHYO merupakan salah satu kabel yang mamiliki dua kabel serabut atau lebih. Kabel jenis ini banyak digunakan pada peralatan elektronik rumah tangga atau peralatan elektronika yang memerlukan arus rendah. Letak kabel ini biasanya terdapat pada soundsystem, kabel loudspeaker, kabel Audio-video, rangkaian elektronika dan lain-lain.

Kualitas dari kabel NYMHYO yang beredar dipasaran bermacam-macam, ada yang terbuat dari tembaga murni ataupun tembaga campuran. Biasanya semakin baik kualitas kabel NYMHYO maka harganya pun akan semakin mahal. Kabel jenis NYMHYO tidak direkomendasikan untuk penggunaan tegangan dan arus yang tinggi, karena dapat mengakibatkan panas yang dapat membahayakan.

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYMHY/NYYHY

Jenis-jenis kabel: kabel NYMHY

Kabel jenis NYMHY/NYYHY banyak diguankan untuk kererluan listrik rumah tangga kelas kecil yang pemasangannya diatap dan di dinding ruangan. kabel jenis ini terdiri beberapa kabel inti serabut yang dilapisi dengan isolasi PVC. Biasanya penggunaan kabel ini hanya untuk listrik rumah tangga berdaya 900 Watt kebawah. Jika digunakan untuk listrik rumah tangga berdaya 900 Watt ketas, lebih baik menggunakan kabel berinti tunggal seperti kabel jenis NYM.
Jenis-jenis kabel: kabel NYMHY

Gambar diatas terlihat bagian-bagian dari kabel jenis NYMHY/NYYHY. Kabel ini memiliki tiga bagian utama, yaitu, bagian konduktor, isolator bagian dalam (PVC) dan bagian pelindung luar (sheating). Demikian penjelasan untuk jenis-jenis kabel listrik yang banyak digunakan pada kelistrikan yang ada disekitar kita, semoga bermanfaat.

3 Comments

  1. Mario GS 20 October, 2016
  2. Atmo 25 November, 2016
  3. Agus KE 15 March, 2017

Berikan Komentar Anda...