Jenis-jenis Kapasitor

Jenis-jenis kapasitor yang digunakan dalam rangkaian elektronika bermacam-macam tergantung dari konfigurasi rangkaian yang akan dipakai sesuai dengan fungsi kapasitor dan kegunaannya. Namun secara umum jika ditinjau dari nilai kapasitansinya, jenis-jenis kapasitor terbagi dalam 2 bagian.

Dua bagian dari jenis kapasitor tersebut adalah kapasitor yang nilainya tetap, dan kapasitor yang nilainya tidak tetap (variable). Namun jika kapasitor ini ditinjau dari polaritasnya terbagi menjadi dua bagian juga, yaitu kapasitor nonpolar atau kapasitor yang tidak memiliki polaritas, dan kapasitor bipolar atau kapasitor yang mempunyai polaritas.

Polaritas yang dimaksud adalah kutub positif (+) dan kutub negatif (-). Pada kapasitor nonpolar atau tidak memiliki polaritas, pada pemasangannya boleh terbalik sedangkan pada kapasitor bipolar atau yang memiliki polaritas, pada pemasangannya tidak boleh terbalik. Jika pemasangannya terbalik akan mengalami kerusakan pada kapasitor tersebut bahkan pada kasus tertentu bisa meledak.jenis-jenis kapasitor

Jenis-jenis kapasitor juga dapat dibedakan melalui jenis bahan pembuatannya. Diantaranya adalah kapasitor Mika, Kertas, Plastik, Keramik, Tantalum, Elektrolit (Elko), Mylar dan lain-lain.

Jenis-jenis Kapasitor Nonpolar

Jenis-jenis kapasitor yang termasuk kategori tidak berpolaritas yang umum beredar dipasaran adalah kapasitor jenis keramik, kapasitor mika, kapasitor polyester dan kapasitor kertas.

Kapasitor Keramik

kapasitor keramik

Kapasitor Keramik

Kapasitor jenis keramik memiliki ciri khas dengan bentuk yang pipih dan biasanya berwarna cokelat atau hijau. Kapasitor keramik memiliki nilai kapasitansi yang sangat kecil, yakni dalam satuan pF dan nF. Namun kemampuannya pada tegangan tinggi dapat diandalkan.

Kapasitor keramik juga baik untuk digunakan pada frekuensi tinggi karena kestabilannya, biasanya kapasitor jenis keramik ini digunakan sebagai salah satu elemen penentu frekuensi pada rangkaian RLC osilator, atau filter pada rangkaian AC.

Kapasitor Kertas

kapasitor kertas

Kapasitor kertas

Dilihat dari bentuknya, kapasitor jenis kertas memang terlihat seperti kertas. Kapasitor jenis ini banyak digunakan pada rangkaian radio dan pembangkit frekuensi karena kestabilannya sangat baik pada frekuensi tinggi. Seperti halnya kapasitor keramik, kapasitor jenis kertas juga memiliki nilai yang kecil antara 1 pF hingga 10 nF.

Kapasitor Mika

kapasitor mika

kapasitor mika

Kapasitor jenis mika banyak digunakan pada rangkaian frekuensi rendah maupun tinggi, karena fleksibilitas dan stabilitas pada kapasitor jenis ini cukup baik. Namun biasanya tegangan pada kapasitor mika relatif lebih rendah dibandingkan dengan kapasitor jenis keramik. Harganya pun relatif lebih mahal dari kapasitor jenis keramik terutama untuk keperluan audiophile.

Kapasitor Polyester

kapasitor polyester

Kapasitor polyester atau mylar

Kapasitor jenis polyester disebut juga dengan kapasitor mylar. Kapasitor jenis ini banyak digunakan pada rangkaian frekuensi rendah seperti pada rangkaian audio amplifier dan sejenisnya. Kapasitor jenis polyester cukup stabil untuk digunakan pada frekuensi rendah namun kurang stabil jika digunakan pada frekuensi tinggi. Meskipun begitu tidak jarang pada rangkaian frekuensi tinggi juga menggunakan kapasitor jenis ini.

Bentuk fisik dari kapasitor jenis polyester atau mylar ini berwarna hijau dan bentuknya segi empat. Nilai kapasitansi dari kapasitor polyester berkisar antara 1 nF hingga 470 nF.

Jenis-jenis Kapasitor Bipolar

Berbeda dengan kapasitor jenis nonpolar, kapasitor jenis bipolar mempunyai polaritas kutub positif dan kutub negatif. Jenis kapasitor yang memiliki polaritas adalah kapasitor jenis elektrolit atau elko (elektrolit kondensator) dan jenis tantalum. seperti halnya kapasitor nonpolar, untuk penamaan kapasitor jenis elko dan tantalum diambil dari jenis bahan yang digunakan pada kapasitor tersebut.

Kapasitor Elektrolit/Elko

elko

Elko

Kapasitor jenis elektrolit merupakan kapasitor yang terbuat dari bahan semacam minyak kimia dengan beberapa zat padat lainnya. elko termasuk jenis kapasitor yang memiliki nilai kapasitansi tinggi, yakni berkisar antara 0,2 μF hingga mencapai 20.000 μF, atau bahkan lebih.

Polaritas dari elko sendiri sudah terpasang sejajar dengan masing-masing kakinya dan mempunyai kegunaan yang multipurpose. Karena sifatnya itu, kapasitor jenis elko hampir digunakan pada semua rangkaian elektronika seperti filter, catu daya (power supply), amplifier dan lain-lain.

Kapasitor Tantalum

kapasitor tantalum

Kapasitor tantalum

Seperti halnya elko, kapasitor tantalum juga memiliki polaritas. Kapasitor tantalum memiliki dimensi yang lebih kecil, sehingga rata-rata nilai kapasitansi dari kapasitor jenis ini memang terbatas. Kapasitor jenis ini dikenal memiliki kualitas yang sangat baik untuk digunakan pada rangkaian frekuensi rendah maupun tinggi, dan harganya pun lebih mahal dibandingkan dengan jenis kapasitor keramik, kertas maupun polyester.

Jenis-jenis Kapasitor Variable (Varco)

Kapasitor variable atau disingkat dengan Varco (Variable Condensator) Merupakan jenis kapasitor yang nilainya dapat diubah-ubah, yang mana untuk mengubah nilai kapasitasnya dengan cara memutar tuas yang ada pada poros kapasitor tersebut. Biasanya nilai dari kapasitor variable yang beredar dipasaran antara 50pF hingga 1 nF.

varco kapasitor variable

Kapasitor variable

varco besi

Varco besi

Selain bentuk dari kapasitor variable diatas, ada satu lagi jenis varco dengan ukuran yang jauh lebih kecil yang disebut dengan kapasitor trimmer. Untuk mengubah kapasitas dari kapasitor trimmer dilakukan dengan cara memutar tuasnya dengan menggunakan obeng trim karena dimensinya yang sangat kecil tidak memungkinkan untuk diputar dengan tangan. Kapasitor jenis trimmer banyak digunakan pada rangkaian osilator dan yang berhubungan dengan frekuensi tinggi. Berikut bentuk kapasitor trimmer:

kapasitor trimmer

Kapasitor trimmer

Demikian jenis-jenis kapasitor yang sering digunakan pada rangkaian elektronika.