Inilah Jenis-Jenis Dioda Ditinjau dari Perkembangan Teknologi Saat ini

Jenis-jenis dioda merupakan salah satu teknologi pencahayaan terbaru, dan salah satunya dikenal dengan sebutan LED. Dioda semakin populer selama beberapa tahun belakangan ini mengingat kegunaannya untuk kehidupan manusia ternyata cukup besar.

Tak hanya sebatas digunakan sebagai sarana pencahayaan, Dioda bahkan juga kerap kali digunakan sebagai salah satu hiasan dalam berbagai bangunan penting dunia maupun sebagai pelengkap berbagai acara penting yang akan menonjolkan keindahan dari sistem pencahayaan.

Kali ini tidak akan membahas mengenai rangkaian elektronika namun penjelasannya dalam bentuk lain. Dalam beberapa teknologi terbaru seperti gadget, LED pun telah menjadi bagian dari perkembangan LED yang semakin marak digunakan oleh Bagi Anda yang ingin mengenali lebih jauh mengenai beberapa jenis dioda. Berikut ini merupakan jenis-jenis dioda yang layak untuk Anda ketahui yang ditinjau dari perkembangan teknologi TV dan pencahayaan.

Light Emiting Diode

Salah satu jenis-jenis dioda yang telah sangat banyak digunakan di kalangan masyarakat adalah Light Emiting Diode atau biasa dikenal dengan sebutan LED. LED merupakan jenis Dioda paling baru yang banyak digunakan di perangkat elektronik dan juga beberapa peralatan transportasi sebagai salah satu bentuk kelengkapan pencahayaan. Pada beberapa peralatan elektronik, teknologi LED bahkan juga dikenal sebagai salah satu teknologi pencahayaan terbaik dibandingkan dengan teknologi yang terdahulu.

jenis jenis diodaKetika digunakan sebagai salah satu teknologi dalam televisi terbaru, LED juga semakin menyempurnakan gambar yang dihasilkan oleh televisi tersebut. Untuk jenis lampu LED sebagai salah satu bentuk dekorasi, lampu jenis ini juga telah banyak digunakan di berbagai lokasi untuk keperluan pencahayaan dan penerangan sekaligus untuk memperindah lokasi tersebut. Bentuknya yang kecil dan juga praktis membuat lampu LED semakin banyak dikreasikan untuk berbagai keperluan.

Tak hanya itu saja, bahkan kini juga telah dikembangkan berbagai jenis LED dengan berbagai warna dan juga berbagai ukuran yang lebih praktis untuk digunakan. Dari segi komponen, Light Emiting Dioda merupakan hasil dari penggabungan 2 komponen elektronik dan optik sehingga menghasilkan cahaya yang jernih dan juga terang.

Jenis-jenis Dioda: Dioda Photo

jenis dioda fotoDioda photo merupakan jenis dioda yang terbukti sangat peka terhadap cahaya dan juga berbagai hal lain yang bisa memicu untuk mengaktifkan salah satu jenis-jenis dioda yang satu ini. Kegunaannya untuk manusia terbukti cukup besar. Hal itu dibuktikan dengan fungsi dioda Photo yang banyak berguna sebagai salah satu komponen utama dalam teknologi alarm. Dikenal sebaai komponan yang sangat peka terhadap cahaya, Dioda Photo diketahhui dapat bekerja dengan cepat ketika digunakan sebagai salah satu alat sensor.

Mengenai komponan yang digunakan, Dioda Photo terdiri dari komponen silicon dan geranium yang digabungkan sehingga membentuk sebuah teknologi yang sangat peka terhadap cahaya. Meskipun saat ini telah banyak teknologi yang dinilai lebih canggih, namun teknologi dioda tetap menjadi salah satu teknologi terbaru yang masih layak untuk dikembangkan. Selebihnya, teknologi dioda bahkan juga disebut-sebut sebagai teknologi yang diajarkan oleh makhluk dari luar angkasa. Namun kabar ini dipercaya hanya mitos belaka.

Di sisi lain, banyak orang yang menyebutkan bahwa dioda memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan teknologi di dunia. Berkembangnya berbagai jenis dioda pun dikenal turut mendukung perkembangan jaman yang terjadi saat ini. Bahkan, selain light emiting dioda dan dioda photo, masih ada beberapa jenis dioda lain yang kini juga sedang dikembangkan untuk mendukung perkembangan teknologi dari zaman ke jaman. Gadget dan alat elektronik hanya menjadi beberapa contoh yang layak untuk menjadi salah satu alasan untuk mengembangkan jenis-jenis dioda dan mendapatkan teknologi yang lebih baik lagi. Demikian penjelasan dari jenis-jenis dioda yang ditinjau dari perkembangan elektronika saat ini.