Fungsi Power Supply

Membicarakan masalah elektronika tentu tidak akan lepas untuk membicarakan masalah listrik juga. Jika tidak ada listrik maka komputer tidak akan bisa dioperasikan, sehingga untuk memahami rangkaian elektronika cukuplah penting jika anda merupakan penggemar berat komputer. Dengan mengetahui rangkaian tersebut maka anda bisa memilih menggunakan rangkaian jenis apa yang sesuai dengan keadaan anda dan komputer. Hal ini tentunya akan memudahkan ketika mengoperasikan komputer jika rangkaiannya benar. Nah jangan terlalu lama mari simak uraian berikutnya mengenai fungsi power supply.

Selain harus memahami tentang listrik anda yang biasa menggunakan komputer juga harus mengetahui berbagai komponen atau bagian-bagian dari komputer serta fungsinya. Hal tersebut akan membantu anda ketika terjadi kerusakan, karena jika mengetahui mana yang rusak anda akan bisa cepat menanggulanginya tanpa harus menunggu untuk dibenarkan. Salah satu yang cukup penting untuk diketahui adalah power supply. Hal ini memang penting apalagi fungsi power supply sendiri yang mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Nah berikut uraian lengkapnya untuk anda.

Pengertian dan fungsi power supply

power supply komputerKetika menggunakan komputer usahakan untuk mengetahui komponen susunannya agar dapat mendeteksi jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan pada komputer. Nah untuk saat ini anda harus mengerti tentang power supply yang merupakan perangkat keras yang ada pada komputer berbentuk kotak di mana isinya adalah berbagai kabel-kabel yang berguna untuk menyalurkan arus atau tegangan listrik ke perangkat keras yang membutuhkan aliran listrik. Hal ini tentunya akan membuat anda menjadi paham peran apa setiap bagian dari komputer tersebut. Sama halnya dengan fungsi power supply yang akan diuraikan secara detail berikut ini.

Memahami fungsi power supply

Setelah mengerti arti dari power supply sendiri maka saatnya anda juga mengetahui fungsi yang dipegang oleh salah satu komponen dari komputer ini. Fungsi power supply sendiri merupakan perangkat keras yang mana akan menjadi penyuplai tegangan atau arus listrik secara langsung kepada berbagai komponen dalam komputer. Selain itu, fungsi power supply lainnya adalah mengubah tegangan atau arus listrik dari yang tadinya berlawanan atau sering disebut AC menjadi arus listrik yang memiliki aliran searah atau disebut dengan DC, karena komputer hanya dapat beroperasi dengan aliran DC. Beberapa komponen yang membutuhkan aliran listrik seperti hardisk, kipas, motherboard dan lain sebagainya. Hal ini membuktikan bagaimana pentingnya peran dari power supply untuk komputer.

Cara kerja power supply

Setelah mengetahui pengertian dan juga fungsi power supply maka saatnya anda juga mengetahui cara kerjanya dalam komputer. Jika anda akan mengoperasikan komputer maka hal pertama akan menekan tombol start dan komputer akan segera menyala. Namun sebelum menyala banyak langkah yang dilakukan oleh power supply untuk komputer yaitu, power supply sendiri akan segera melakukan berbagai hal seperti cek atau tes sebelum akhirnya akan membiarkan sistem start bekerja. Apabila tes yang dilakukan mengenai fungsi power supply berhasil, maka akan mengirim sebuah sinyal yang khusus kepada motherboard yang hal ini akan disebut sebagai power good. Nah setelah hal tersebut terjadi maka komputer bisa dioperasikan.

Melihat berbagai uraian di atas maka tentunya anda jadi mengetahui fungsi power supply. Namun fungsinya tidak hanya sebatas itu saja, karena perannya yang sangat penting untuk komputer juga tidak bisa diremehkan. Jenis-jenis dari power supply sendiri cukup banyak yang kesemuanya memiliki perannya tersendiri untuk komputer ketika sedang dioperasikan.

Artikel ini ditulis oleh kontributor eksternal skemaku.com. Skemaku.com tidak bertanggung jawab atas kebenaran isi artikel ini secara teknis, namun untuk menambah pengetahuan dan referensi saja.