Fungsi Motherboard Dan Perannya Bagi Perangkat Komputer

Motherboard merupakan sebuah papan induk atau main board yang mana fungsi dari motherboard ini sangat besar dan tentunya sangat berpengaruh dalam kinerja sebuah komputer. Dalam motherboard terdapat berbagai macam slot dan juga socket yang bisa anda gunakan sebagai socket atau slot untuk komponen-komponen yang lain seperti misalnya prosesor, ram, vga dan sebagainya.

Jika sebuah motherboard rusak maka komponen-komponen yang lain tidak akan bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Maka dari itu peran dari motherboard ini sangat besar artinya bagi perangkat komputer ataupun laptop. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang fungsi motherboard ini anda bisa menyimak artikel ini hingga selesai.

Sebagai penghubung komponen pada komputer

Fungsi motherboard ini adalah sebagai sebuah papan pcb yang mana papan tersebut dibuat diciptakan secara khusus untuk saling menghubungkan antara komponen yang satu dengan komponen yang lainnya sehingga antara beberapa komponen yang telah saling terhubung tersebut dapat saling bekerja sama dalam memproses permintaan dari user atau pengguna. Motherboard ini memiliki nama lain yaitu mobo. Dalam badan motherboard ini terdapat jalur-jalur untuk menghubungkan komponen elektronika ini setiap komponen yang terdapat pada slot-slot atau socket motherboard dapat terhubung dengan baik.fungsi motherboard

Jadi jika anda ingin menempatkan komponen-komponen tersebut pada motherboard atau bahkan jika seandainya anda ingin merakit sendiri sebuah perangkat komputer maka anda harus mengetahui dengan teliti setiap detail dari motherboard itu sendiri. Karena jika anda sudah mengetahui detail dan fungsi motherboard tersebut maka anda akan bisa menentukan mana letak yang benar untuk hardisk, mana untuk prosesor, mana untuk vga dan sebagainya. Dan jika anda ingin memasang komponen-komponen tersebut tanpa mengetahui lebih dulu detail-detail dari motherboard tersebut maka bisa saja justru malah akan terjadi kerusakan pada motherboard anda.

Sebagai pengendali perangkat elektronik

Fungsi motherboard sangat penting dan begitu diperlukan karena fungsi utama dari sebuah motherboard ini adalah sebagai pengendali perangkat elektronik, baik itu komputer maupun laptop. Fungsi dari mobo ini juga sangat penting karena motherboard ini bisa meyimpan sebuah data seperti halnya fungsi dari hardisk. Dan motherboard ini juga bisa menerima perintah seperti halnya mouse, pointer, sd rom dan sebagainya. Hanya saja kita tidak bisa melihat secara langsung kinerja dari motherboard ini karena memang tidak bisa dipungkiri juga jika motherboard ini juga membutuhkan komponen lainnya untuk dapat memproses perintah yang diajukan oleh user.

Fungsi motherboard sebagai pengendali perangkat elektronik tersebut tentu bisa anda lihat sendiri bahwa hal tersebut sangat penting dan sangat besar peranannya. Kinerja dari motherboard itu sendiri sama halnya dengan komponen lainnya. Jika salah satu ada yang rusak maka seluruh perangkat komputer akan berkurang kinerjanya. Dan bahkan hal tersebut akan sangat terasa saat anda sedang menjalankan komputer anda. Oleh sebab itu sebaiknya saat merakit komputer sebaiknya anda memilih motherboard yang kualitasnya bagus. Walaupun harganya tentu lebih mahal namun kualitasnya tentu lebih terjamin sehingga tentu akan lebih awet dan maksimal kinerjanya.

Karena fungsi motherboard ini sangat penting dan perannya sangat besar maka anda harus merawatnya dan membersihkannya dengan rutin. Karena kotoran yang menumpuk juga akan mempengaruhi kinerja dari motherboard itu sendiri. Oleh karena itu anda bisa membersihkannya menggunakan vacum cleaner selama minimal satu bulan sekali. Dan dalam membersihkan motherboard tersebut pun anda harus sangat berhati-hati. Jika anda ingin menggunakan kuas untuk membersihkan sela-sela slot maka anda harus sangat berhati-hati supaya letak dari fungsi dari komponen yang lain tidak menjadi rusak.

Tulis Komentar