Fungsi Hardisk pada Komputer

Perkembangan zaman saat ini memang sangatlah pesat, hal ini bisa dilihat dari berbagai macam alat elektronik yang muncul. Salah satu alat elektronik yang sudah menjadi kebutuhan primer manusia adalah komputer atau laptop. Benda ini memang sudah menjadi alat pembantu pekerjaan, sehingga keberadaannya memang selalu dibutuhkan.

Namun tahukah anda rangkaian apa saja yang ada di dalam sebuah komputer atau laptop yang anda gunakan? Salah satu bagian terpenting adalah hardisk yang ada di dalamnya. Mungkin tidak semua orang mengetahui fungsi hardisk ini, namun untuk lebih baiknya anda mengerti bagian ini bisa dijadikan pengetahuan atau memang ingin mendalaminya.

Memang memiliki komputer atau laptop sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern saat ini. Saat mengoperasikan komputer, pastinya anda sudah memiliki banyak data yang ada di dalamnya sebagai arsip penting. Namun anda tentu tidak semua mengerti data tersebut tersimpan, karena komputer tidak menggunakan kartu memori seperti yang ada pada ponsel. Tempat untuk menyimpannya ada pada hardisk yang merupakan salah satu perangkat keras pada komputer yang sangat vital kegunaannya. Nah untuk lebih jelasnya tentang fungsi hardisk maka anda wajib menyimaknya pada penjelasan dibawah ini.

Pengertian hardisk dalam komputer

fungsi hardiskSetelah menyimak sedikit uraian di atas, tentunya anda jadi semakin penasaran dengan peranan hardisk ini. Nah sebelum melangkah lebih jauh membahas fungsi hardisk ada baiknya untuk mengetahui pengertian sebenarnya dari hardisk ini agar anda tidak salah memaknai bagian dalam komputer. Menurut beberapa pakar hardisk merupakan satu dari sekian banyak komponen dari perangkat keras atau hardware sebagai pendukung untuk komputer maupun laptop yang akan memberikan ruang sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data maupun output dari berbagai proses berupa data yang dilakukan di komputer oleh manusia atau komputer sendiri. Tentunya pengertian ini menjadi lebih memperjelas pentingnya keberadaan hardisk dalam komputer.

Fungsi hardisk dalam komputer

Nah setelah menyimak sedikit pengertian tentang hardisk maka saatnya anda menyimak dengan seksama fungsi hardisk tersebut. Hardisk sangatlah penting untuk komputer yang berguna untuk menyimpan berbagai data yang anda lakukan secara permanen yang masuk dalam sektor-sektor yang telah tersedia pada disk dalam hardisk tersebut yang akan di read atau write. Fungsi ini berbeda dengan RAM yang mana hanya dapat menyimpan data secara sementara saja. Dengan penjelasan fungsi tersebut maka wajar jika peranannya sangatlah dibutuhkan oleh komputer, karena komputer tidak akan berguna jika tidak memiliki hardisk di dalamnya.

Dalam komputer memang membutuhkan hardisk di dalamnya untuk menyimpan berbagai data. Disini juga akan dijelaskan macam-macam fungsi hardisk agar anda lebih mengetahui lebih lanjut dari perangkat keras ini. Hardisk ini dibagi menjadi 2 macamnya, yaitu Ata dan Sata yang mana perbedaan mencolok antara keduanya adalah penggunaan kabel penghubungnya. Kabel Ata lebih besar berbeda jauh dengan Sata yang kabelnya lebih kecil, dan untuk kecepatan transfernya lebih unggul Sata dibanding Ata. Dengan mengetahui jenisnya maka, anda akan lebih lengkap memahami fungsi hardisk tersebut.

Melihat uraian lengkap tentang fungsi dari hardisk ini mungkin akan menambah pengetahuan anda tentang bagian-bagian penting dalam komputer. Selain komputer juga masih banyak bukti dari perkembangan teknologi dengan banyaknya rangkaian elektronika yang berhasil diciptakan oleh manusia. Rangkaian tersebut sangat bergantung dengan komponen elektronika sendiri untuk menghasilkan berbagai keperluan yang berhubungan dengan listrik atau sebagainya.

nb: artikel ini ditulis oleh kontributor eksternal skemaku.com. Skemaku.com tidak bertanggung jawab atas kebenaran isi artikel ini secara teknis, namun untuk menambah pengetahuan dan referensi saja.