Cara Memodifikasi Power Amplifier Rakitan Agar Bass Makin Mantap

Bagi anda yang memiliki power amplifier rakitan namun anda merasa kurang puas dengan performanya, misalnya saja suara bass yang dihasilkan dinilai terlalu gemulai dan kurang nendang, maka anda bisa melakukan beberapa langkah modifikasi untuk meningkatkan performa dari power amplifier anda tersebut.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk meningkatkan suara bass power amplifier yang anda miliki. Tips untuk memodifikasi rangkaian pada power amplifier agar bass lebih mantap berikut hanya berlaku pada rangkaian power Blazer, OCL, morales, serta amplifier simetrik yang lainnya, silahkan disimak.

Beberapa cara memodifikasi power amplifier rakitan agar bass makin mantab

Cara yang bisa dilakukan dan yang terbilang paling mudah untuk bisa mendapatkan nilai watt dengan ukuran yang besar adalah dengan cara memperbesar nilai dari tegangan power supply. Misalnya saja power amplifier anda menggunakan rangkaian elektronika supply +47v, CT, -47v yang akan menghasilkan 250 W rms tiap pasang transistor final di outputnya, dan untuk catu daya +32v, CT, -32v pada power OCL sebaiknya anda jangan terlalu memaksakan dengan men-drive speaker ukuran 15 inchi jika suara bass dinilai kurang. Gunakan saja transformator arus setengah dari tegangan skunder, misal trafo tegangan skundernya 30v ct, maka arus nominal sebaiknya 15 Amper.

power amplifier rakitan

Contoh power amplifier rakitan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memodifikasi power amplifier rakitan adalah dengan menggunakan minimal 2 buah rail transistor final dalam artian 1 rail = 1 pasang yang juga akan berfungsi untuk membantu mengurangi panas serta untuk meringankan kerja dari transistor. Selain itu, untuk mendapatkan suara bas yang sesuai keinginan sebaiknya gunakan speaker untuk bass sesuai dengan karakter yang anda inginkan. Misalnya saja speaker dengan ukuran 12 inchi akan lebih pas untuk menyuarakan hentakan atau kick drum serta treble, sedangkan speaker dengan ukuran 15 inchi akan cenderung ke suara bas-mid dan juga gitar bass.

Power Blazer memang dinilai mempunyai gain yang begitu rendah. Beberapa orang berpendapat jika transistor sanken mempunyai karakter suara bass yang begitu empuk, akan tetapi suaranya hanya disitu-situ saja dengan kata lain suaranya tak bias dan menempuh jarak yang jauh. Transistor-transistor besar biasanya memiliki penguatan atau gain yang rendah, pantas jika suara bass-nya terkesan lemah. Untuk menaikkan gainnya yang perlu anda lakukan adalah memberikan tambahan rangkaian. Caranya mudah, Pasang saja kit tambahan yang berupa rangkaian elektronika master mixer maupun giga bass yang bisa dipasang di input blazer.

Usahakan anda menggunakan kit yang memiliki catu daya simetrik +12v ct -12v, hal ini perlu untuk menghindari signal transien berlebih pada saat power dari amplifier anda hidupkan. Cara lain untuk memodifikasi power amplifier rakitan adalah dengan merubah rangkaian. Rangkaian power memiliki 5 komponen yaitu IC 0p-amp, resistor gain, resistor input, serta jaringan R-C. Resistor gain dan R input berfungsi menaikkan penguatan atau gain. Penguatan berlebihan bisa menimbulkan noise.

Nilai R gain power amplifier rakitan biasanya sebesar 22k untuk gain clone, 15k untuk power blazer, 33k untuk power OCL. Makin kecil nilai R-gain makin kecil penguatannya serta semakin low noise. Rangkaian R-C untuk resonansi bass, makin besar nilai C (elko) bass-nya makin empuk., makin kecil C maka bass makin mid. Nilai C maksimal 47uf untuk gitar bass, untuk bass kendang serta drum gunakan nilai C 10-22uf tidak lebih.

Artikel ini ditulis oleh kontributor eksternal skemaku.com. Skemaku.com tidak bertanggung jawab atas kebenaran isi artikel ini secara teknis, namun untuk menambah pengetahuan dan referensi saja.