Cara Membuat Rangkaian Seri yang Sederhana

Rangkaian elektronika secara seri adalah salah satu macam rangkaian listrik yang susunannya secara sejajar yang mana komponen-komponen yang ada dipasang dengan berurutan. Dengan kata lain rangkaian seri mempunyai susunan yang sejajar atau berurutan. Rangkaian listrik secara seri sering digunakan pada gedung-gedung besar, kampus, gedung perkantoran sampai hotel.

Untuk membuat rangkaian listrik secara seri ini sebenarnya sangat mudah, namun tak sedikit yang beranggapan bahwa untuk membuat rangkaian seri ini sangat susah. Anda penasaran dan ingin tahu bagaimana cara untuk membuat rangkaian seri ini? Simak penjelasan singkat berikut ini.

Cara membuat rangkaian seri sederhana

Rangkaian elektronika secara seri ini sebenarnya sangat mudah untuk dibuat, di samping itu penerapan rangkaian listrik secara seri ini juga sangat menguntungkan. Salah satu keuntungan jika menggunakan rangkaian seri diantaranya adalah penerapannya yang sangat praktis serta sangat mudah digunakan. Banyak yang menggunakan rangkaian seri ini karena dinilai proses pembuatannya sangat mudah. Berikut ini adalah contoh pembuatan rangkaian seri secara sederhana dengan menggunakan lampu dan baterai. Dari contoh rangkaian seri seperti di bawah ini dapat dijadikan contoh untuk membuat rangkaian seri yang lebih besar.

Cara membuat rangkaian seri sederhana sangat mudah, bahan yang diperlukan juga tak terlalu sulit di dapatkan. Langkah pertama untuk membuat rangkaian seri ini adalah menyiapkan bahan untuk membuat rangkaian seri ini, seperti tempat baterai, 4 buah baterai, papan kayu, lampu sebanyak 3 atau 4 buah, 4 buah vitting atau tempat lampu, saklar, solasi hitam, kabel secukupnya. Alat yang dibutuhkan hanya gunting dan cutter.

cara membuat rangkaian seriCara membuat rangkaian seri yang pertama adalah dengan menempatkan tempat baterai, viting lampu dan sakelar pada papan kayu yang telah disediakan. Pastikan urutannya benar dan sebaiknya usahakan agar pemasangan rapi agar enak dilihatnya. Langkah selanjutnya adalah dengan menempatkan baterai pada tempatnya dan jangan lupa kupas sedikit tiap ujung-ujung kabel. Kemudian tahap selanjutnya adalah dengan melilitkan ujung kabel sisi a dari baterai tersebut ke salah satu ujung sakelar. Kemudian lilitkan kabel pada ujung saklar yang belum tersambung kabel, kemudian lilitkan ujung kabel tersebut ke ujung kaki vitting nomer 1.

rangkaian lampu seriCara membuat rangkaian seri selanjutnya adalah melilitkan potongan kabel lain ke ujung vitting nomer 1 yang belum terlilit kabel, selanjutnya adalah dengan melilitkan ujung kabel tersebut ke ujung vitting nomer 2. Langkah selanjutnya adalah melilitkan potongan kabel lain ke ujung vitting nomer 2 yang belum terlilit kabel, selanjutnya adalah dengan melilitkan ujung kabel tersebut ke ujung vitting nomer 3. Langkah selanjutnya adalah dengan melilitkan potongan kabel lain ke ujung vitting nomer 3 yang belum terlilit kabel, selanjutnya adalah dengan melilitkan ujung kabel tersebut ke ujung vitting nomer 4.

Cara membuat rangkaian seri selanjutnya adalah dengan melilitkan potongan kabel lain ke ujung vitting nomer 4 yang belum terlilit kabel, selanjutnya adalah dengan melilitkan ujung kabel tersebut ke ujung kabel b dari baterai yang belum terhubung. Langkah selanjutnya adalah posisikan saklar dalam posisi off, kemudian pasang semua lampu ke vittingnya. Selanjutnya lakukan uji coba pada rangkaian seri sederhana ini, posisikan saklar pada posisi on. Jika lampu menyala dengan sempurna itu tandanya rangkaian seri yang anda buat berhasil. Dan jika belum menyala maka cek sekali lagi dan pastikan semua sambungan telah disambung dengan baik.