Cara Membuat Percobaan Rangkaian Listrik Seri Dengan Menerapkan Prinsipnya

Rangkaian seri merupakan sebuah rangkaian listrik yang sangat mudah untuk dipahami dan tentunya sangat mudah dalam penyusunan atau pembuatannya. Rangkaian listrik seri ini disusun dengan cara sejajar dan tentunya setiap komponen di dalamnya dipasang atau disusun dengan cara berurutan.

Jenis rangkaian yang satu ini juga banyak diterapkan di berbagai bangunan yang berukuran luas dan besar yang menggunakan rangkaian listrik yang lebih stabil. Kemudahan dan kepraktisan inilah yang mendasari banyak orang untuk akhirnya memutuskan untuk menggunakan rangkaian listrik model seri ini untuk diterapkan pada tegangan listrik yang mereka gunakan.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Rangkaian Listrik Seri

Dalam menciptakan sebuah Rangkaian listrik seri maka tentu anda akan memerlukan beberapa bahan dalam proses pembuatannya. Dan bahan-bahan tersebut antara lain adalah papan triplek yang nantinya akan anda gunakan sebagai alas untuk melakukan percobaan penerapan rangkaian elektronika listrik seri ini. Selanjutnya anda juga membutuhkan batu baterai sejumlah 4 buah serta tempat baterai isi yang juga sejumlah 4 buah.rangkaian listrik seri

Selain itu anda juga akan membutuhkan 3 buah lampu bohlam dan juga 3 buah vitting yaitu tempat untuk lampu bohlam. Selanjutnya anda membutuhkan 1 buah saklar, isolasi hitam secukupnya, isolasi bening secukupnya dan juga kabel sepanjang yang anda butuhkan. Dan untuk peralatan anda hanya membutuhkan gunting dan juga cutter.

Langkah-Langkah Dalam Menciptakan Rangkaian Listrik Seri

Untuk langkah yang pertama dalam menciptakan Rangkaian listrik seri yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan 4 buah tempat baterai. Setelah itu anda bisa langsung memasang 4 buah baterai pada tempat baterai yang sudah anda siapkan tadi. Dan langkah yang selanjutnya saat baterai sudah terpasang yaitu anda bisa mengupas sedikit kabelnya. Kupas di bagian ujung saja. Lalu selanjutnya anda akan mulai berkutat dengan saklar. Caranya adalah dengan melilitkan ujung kulit kabel yang telah anda kupas tadi pada bagian ujung saklar. Dan pada ujung kabel yang satunya lagi anda bisa kupas dan juga tempelkan pada bagian tengah saklar.

Langkah yang selanjutnya pada percobaan Rangkaian listrik seri ini adalah dengan mengambil ujung kabel yang masih terlepas, tentunya terdapat 2 ujung dan anda bisa lilitkan kedua kabel tersebut pada lampu bohlam. Dalam melilitkan anda harus hati-hati dan harus dilakukan dengan lembut. Lalu selanjutnya adalah dengan mengupas kulit kabel pada bagian sisi-sisi tengah dari kabel pada rangkaian lampu bohlam yang pertama. jika sudah maka anda akan memasuki langkah selanjutnya dalam membuat rangkaian listrik jenis seri.

Dan langkah yang selanjutnya dalam membuat rangkaian elektronika seri ini adalah anda bisa melakukan hal yang sama dalam melilitkan kabel pada bohlam dengan rapi lalu selanjutnya anda bisa mengupas lagi bagian tengah sisi-sisinya. Lalu lakukan hal yang sama pada bohlam yang ketiga. Dan setelah ketiga lampu bohlam berhasil anda pasang maka langkah selanjutnya adalah dengan menutup bagian saklar listrik.

Dengan menutup bagian saklar listrik maka nantinya akan tercipta sebuah aliran listrik yang dihasilkan dari 4 buah baterai yang aliran listriknya mengalir melalui kabel-kabel yang sudah anda susun. Jika salah satu dari bohlam atau bahkan ketiga-tiganya ada yang belum menyala maka itu artinya ada salah satu komponen yang kurang tepat dalam pemasangannya. jadi harus anda periksa lagi. Namun jika ketiga bohlam sudah menyala maka itu berarti percobaan anda pada Rangkaian listrik seri ini telah berhasil.