Bagaimana Cara Membuat Antena TV Sederhana yang Bagus?

Cara membuat antena TV sederhana yang bagus sebenarnya cukup mudah. Dengan memanfaatkan sedikit bahan yang mudah didapat di pasaran dan dengan harga yang sangat terjangkau, sudah bisa membuat sendiri antena tv sederhana yang tentu kualitasnya tidak kalah dengan antena TV yang sudah jadi.

Filosifi cara membuat antena TV sederhana ini sebenarnya tidak dititikberatkan pada faktor ekonomis semata, namun lebih ditekankan pada fungsi dan prinsip kerja dari antena TV itu sendiri. Selain itu terkadang untuk orang yang suka berkreasi dengan tangannya sendiri, membuat antena TV sendiri itu pasti tak ternilai harganya dibandingkan dengan antena TV yang sudah ada di toko. Terutama ketika proses membuat antena itu sendiri.

Cara membuat antena TV sederhana yang dijelaskan disini menggunakan prinsip antena dipole dengan satu reflektor. Semuanya dibuat dari bahan plat alumunium dengan ukuran relatif kecil. Namun hasilnya maksimal. Selain itu tidak diperlukan skill tinggi tentang rangkaian elektronika ketika akan membuat antena TV ini.

Keuntungan cara membuat antena TV sederhana sendiri

Keuntungan dari membuat antena TV sederhana sendiri selain harga terjangkau, anda dapat mengatur dimensi antena sesuai dengan yang diinginkan. Jika kamar anda besar dan ingin daya tangkap antena TV lebih bagus lagi, anda dapat membuat dimensi antena sedikit lebih besar, karena secara teori semakin besar dimensi reflektor sebuah antena maka penguatannya akan semakin besar.

Baca juga: Tips memilih dan memasang antena TV yang bagus

Antena dengan bahan alumunium cenderung tidak mudah berkarat atau bahkan tidak akan berkarat. Selain itu antena buatan sendiri dapat dirancang agar lebih tahan terhadap cuaca dibandingkan dengan bahan isolasi plastik dari antena yang ada di pasaran. Antena buatan sendiri dapat dirancang untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dibandingkan dengan antena yang ada di toko-toko terutama untuk antena jenis indoor.

Cara Membuat Antena TV Sederhana yang Bagus

Antena yang akan dirangkai berikut sudah terbukti dapat menghasilkan gambar yang lebih baik. Sebelum mulai ke perakitan, terlebih dahulu harus disiapkan bahan-bahan untuk membuatnya. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Pelat seng jenis nisplang dengan ukuran 1 meter. Akan lebih bagus lagi jika menggunakan pelat alumunium karena akan lebih tahan lama terutama dari pengaruh cuaca. Pelat ini dapat anda temukan di toko-toko material.
  2. Kabel coaxial 75 ohm beserta konektornya. Jika anda bingung sebutkan saja “beli kabel antena TV”.
  3. Beberapa baut dan paku secukupnya.
  4. Perkakas obeng dan tang.

Ya, cukup itu saja bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan antena TV sederhana ini. Berikutnya adalah langkah cara membuat antena TV sederhana. Langkah pertama siapkan pelat alumunium/seng, dan potonglah sesuai dengan ukuran berikut ini.

cara membuat antena tv sederhana

Agar hasil yang didapatkan maksimal, potonglah se-presisi mungkin. Selanjutnya  bentuk dan rangkain potongan-potongan pelat tadi sesuai dengan gambar berikut:

Cara Membuat Antena TV Sederhana

Gambar asli: wangready.wordpress.com

Ketua pelat seng/alumunium ini akan membentuk sebuah elemen antena dipole, yang mana kedua elemen ini harus dihubungkan dengan kabel coaxial 75 ohm yang nantinya kabel ini terhubung dengan slot antena TV. untuk skema pengkabelannya ikuti seperti gambar berikut.

Cara Membuat Antena TV Sederhana

Setelah antena terkoneksi dengan kabel coaxial, maka hasil jadinya kurang lebih akan seperti berikut.

Cara Membuat Antena TV Sederhana

Gambar asli: wangready.wordpress.com

Dari gambar diatas terlihat ada plat lagi dibawah elemen dipole dari antena TV yang telah dibuat. Ini akan berfungsi sebagai pengarah agar antena TV ini dapat ditembakan ke sumber sinyal dari channel TV itu sendiri. Anda dapat membuat reflektor dengan dimensi lebih besar lagi agar hasilnya lebih bagus. Atau jika mau, pelat reflektor ini dapat diganti dengan sebuah kayu triplek yang telah dilapisi dengan kertas alumunium.

Catatan dari Cara Membuat Antena TV Sederhana

Dalam perakitan antena ini, pastikan baut-baut menempel dengan kencang agar kuat terhadap hembusan angin kencang terutama jika akan dipasangkan di outdoor, Jika anda hanya memasang antena di indoor saja, mungkin tidak akan terlalu masalah.

Pastikan kabel coaxial benar-benar menempel pada elemen antena. Karena jika ada salah satu kabel saya yang tidak terhubung dengan elemen antena, maka pengaruhnya cukup besar terhadap daya tangkap peneriman siaran TV.

Jika akan menggunakan booster tambahan, posisi antena harus sedekat mungkin dengan antena untuk mengurangi rugi-rugi kabel. JIka antena akan dipasang diluar dengan sebuah tiang, maka booster harus dipasang di tiang juga agar sedekat mungkin dengan antena.

Jika menggunakan reflektor yang lebih besar, disarankan untuk diberikan lubang-lubang setiap 5 atau 8 cm agar tidak bergeser arahnya terhadap hembusan angin kencang. Agar kabel coaxial yang terhubung dengan antena terhubung dengan baik, jika perlu selalai menggunakan sekrup dapat disolder dengan pelat. Demikian cara membuat antena TV sederhana sendiri. Semoga bermanfaat.

Berikan Komentar Anda...