Apa Itu Ram dan Apa Sebenarnya Fungsi Ram?

Pernahkah anda mendengar istilah ram? Bagi anda yang sering bergelut dengan komputer tentu sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun tahukah anda apa ram itu dan tahukah anda apa sebenarnya fungsi dari ram tersebut? Dalam artikel ini kita akan belajar sedikit mengenai apa itu ram dan juga apa saja fungsi ram.

Ram merupakan sebuah singkatan dari random access memory merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan sementara pada komputer yang difungsikan pada saat komputer menyala atau ON, secara mudah ram dapat diartikan sebuah memori dengan akses yang acak. Oke, untuk lebih jelasnya simak dalam ulasan singkat berikut ini.

Pengertian, jenis dan fungsi ram

fungsi ram
Bagi anda yang belum pernah melihatnya, bentuk ram secara fisik terlihat seperti suatu rangkaian elektronika yang jika dilihat sepintas bentuknya seperti sebuah chip. Sebuah lempengan yang mana pada lempengan elektronik tersebut terdapat suatu rangkaian yang sangat rumit. Ram ini sendiri terpasang pada sebuah slot yang ada pada motherboard komputer yang pemasangan ram ini sendiri juga tak bisa sembarangan. Pasalnya ada beberapa macam jenis ram yang mana dari setiap jenis ram tersebut memiliki kaki-kaki yang berbeda pada tiap jenisnya sehingga tak semua jenis ram dapat masuk ke dalam satu slot yang sama pada motherboard.

Setelah fungsi ram sedikit dijelaskan di awal, kita juga akan membahas mengenai beberapa jenis ram. Salah satu jenis ram adalah dram atau dynamic ram, yaitu salah satu jenis ram yang harus selalu disegarkan oleh central processing unit atau cpu secara berkala dengan tujuan agar data yang tersimpan di dalamnya tidak hilang. Selanjutnya, jenis ram yang lain adalah sdram yaitu sebuah kependekan dari sychronous dynamic ram, yaitu sebuah kelanjutan daripada dram namun sdram ini telah tersinkronisasi dengan clock sistem serta mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan dram.fungsi ram

Setelah mengetahui fungsi ram kita bahas tentang jenis ram lainnya, misalnya ddr ram yaitu sebuah singkatan dari double rate random access memory. Ddr ram ini juga sering disebut dengan istilah ddr saja, ram jenis ddr ini merupakan suatu teknologi kelanjutan dari sd ram, sedangkan ddr sendiri juga ada pengembangannya, yaitu ddr2 atau double data rate generation 2 random access memory, dan ddr3 atau double data rate generation 3 random access memory. Dan tak menutup kemungkinan semakin berjalannya waktu akan hadir pula pengembangan lanjutannya.

Selain mempelajari fungsi ram tentu kita juga akan membahas jenis ram yang lainnya, diantaranya adalah rd ram yaitu sebuah singkatan dari rambus dynamic access memory yang mana rd ram merupakan salah satu jenis memory yang jauh lebih cepat serta tentu saja lebih mahal jika dibandingkan dengan sd ram. Memori jenis sd ram ini sering digunakan pada sistem yang memakai pentium 4. Selain itu ada juga jenis ram lainnya yaitu sram yaitu singkatan dari static random access memory. Sram ini mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi dari dram maupun sdram.

Satu lagi jenis ram adalah edoram yaitu sebuah singkatan dari extended data put random access memory. Dari berbagai jenis ram yang ada, secara garis besar semua jenis ram yang ada mempunyai tujuan yang sama di mana fungsi ram adalah untuk mempercepat segala pemrosesan data pada komputer. Demikian artikel ini dan semoga bermanfaat.