6 Simbol Dioda yang Harus Diketahui

simbol diodaSecara spesifik, simbol dioda digambarkan dengan anak panah mengarah ke arah kanan yang bertemu dengan garis mendatar dan melintang. Simbol ini bukan tanpa maksud karena simbol tersebut menjelaskan cara kerja dioda. Ujung pangkal anak panah pada simbol tersebut disebut sebagai kaki positif atau anoda dengan simbol P.

Sedangkan ujung lain dari anak panah tersebut disebut sebagai kaki negatif atau katoda dengan simbol N. Dioda sendiri dibedakan beberapa jenis dengan fungsi dan simbol dioda yang berbeda. Setidaknya, ada 6 jenis dioda beserta simbol dioda yang sering digunakan dalam rangkaian elektronika.simbol dioda

Simbol Dioda Penyearah

Dioda penyearah adalah jenis dioda yang sering digunakan sebagai sekering atau pengaman rangkaian listrik. Simbol dioda penyearah sama dengan simbol dioda umum, yaitu anak panah ke arah kanan yang bertemu dengan garis mendatar dan melintang.

Simbol Dioda Zener

Secara umum simbol dioda jenis ini sama dengan simbol dioda penyearah. Hanya saja, terdapat tambahan garis di kedua ujung garis melintang. pada garis melintang bagian atas terdapat tambahan garis pendek di sebelah kirinya. Selain itu, ada garis kecil di sebelah kanan untuk garis melintang bagian bawah. Tanda garis kecil yang ditambahkan tersebut merupakan penanda penstabilan tegangan atau arus yang searah atau DC.

Simbol Dioda Foto

Dioda ini juga disimbolkan dengan simbol umum yang sama dengan dioda penyearah. Sama dengan dioda Zener, dioda foto juga memilih garis tambahan. Saat menggambar simbol dioda foto, maka Anda harus menambahkan 2 tambahan anak panah. 2 tambahan anak panah tersebut diletakkan di bagian kiri atas dengan arah anak panah yang mengarah masuk ke anak panah utama. Penambahan 2 anak panah ini pun bukan tanpa maksud. Penambahan tersebut menandakan bahwa dioda tersebut akan menghasilkan arus listrik jika terkena cahaya.

Simbol Dioda Emisi Cahaya (Dioda LED)

Dioda jenis ini sering juga disebut dengan LED atau Light Emitting Dioda. Jika dilihat secara sepintas, simbol dioda emisi cahaya mirip dengan dioda foto. Yang membedakan kedua jenis dioda ini adalah pada posisi 2 tambahan anak panahnya. Jika dioda foto memiliki tambahan 2 anak panah yang mengarah ke dalam, maka dioda emisi cahaya memiliki 2 anak panah yang mengarah keluar. Posisi 2 anak panah tersebut juga berada pada tempat yang sama dengan dioda foto. Simbol ini menunjukkan bahwa saat dioda mendapatkan muatan DC maka justru dioda aka menghasilkan cahaya.

Simbol Dioda Terobosan

Dioda jenis ini juga disimbolkan dengan simbol dioda dasar yang sama dengan dioda penyearah. Jika dioda zener memiliki 2 tambahan garis kecil yang berlawanan arah, maka dioda terobosan juga memiliki 2 garis tambahan berukuran kecil. Yang membedakan keduanya adalah posisi garis tambahan tersebut. Untuk dioda terobosan, garis tambahan mengarah pada satu arah yaitu mengarah pada anoda.

Simbol Dioda Varaktor

Sama dengan semua jenis-jenis dioda di atas, dioda varaktor juga memiliki garis tambahan. Garis tambahan pada dioda varaktor adalah tambahan satu garis melintang di ujung anak panah, sehingga simbol dioda umum tidak lagi terhubung seperti simbol umumnya tersebut. Simbol ini menunjukkan bahwa dioda terhubung dengan kapasitor.

Pada dasarnya semua simbol dioda hampir mirip semuanya, hanya yang membedakan adalah pada penambahan pada sisi-sisinya, dan biasanya hal tersebut juga menandakan perbedaan karakteristik dioda.

nb: Artikel ini ditulis oleh kontributor eksternal skemaku.com